Studi Banding: Sebuah Kunjungan Singkat Tak Biasa

Studi Banding merupakan acara yang selalu hadir di agenda tahunan SMA Ngeri 3 Yogyakarta. Tak hanya Studi Banding untuk siswanya sendiri, menerima kunjungan dari sekolah-sekolah lain adalah hal yang sudah biasa. Dari berbagai sekolah yang aslnya dari berbagai daerah, perwakilan sekolah-sekolah itu menyempatkan diri untuk melihat Padmanaba.

Salah satunya yakni kunjungan terakhir yang diterima, dari SMA Negeri 1 Kibang dari Lampung yang saat dating, sekolah sedang mensosialisasikan program Literasi untuk para siswanya beberapa waktu yang lalu. OSIS yang bertugas menerima tamu dan para guru dari sekolah yang mendampingi pula segera siap sejak pagi. Namun, kunjungan ini agak berbeda dengan biasanya. Belum dimulai, beberapa siswa yang mengikuti Studi Banding jatuh sakit. Beruntung, Padmanaba Junior Rescue Club atau PJRC sudah siaga dengan alat-alatnya di UKS.

Meski awalnya agak hectic, kegiatan ini berjalan cukup lancar. Setelah presentasi sekolah dan penjelasan singkat, kedua pihak saling bertukar informasi. Ternyata, peserta Studi Banding ini adalah seluruh kelas 11 yang ingin ikut dan mau membayar. Tujuan mereka adalah mengunjungi banyak isntansi pendidikan yang akademisnya bagus dan juga di bagian event organizer. Tak tanggung-tanggung, mereka juga mengunjungi Universitas Gajah Mada, walaupun SMA Negeri 3 Yogyakarta adalah satu-satunya SMA yang mereka kunjungi pada kesempatan ini. Setelah saling bertukar cerita selesai, berlanjutlah agenda selanjutnya yaitu berkeliling sekolah dan menilik lebih jelas setiap sudut Padmanaba. Setelah itu, mereka segera pamit dan melanjutkan tujuan selanjutnya di Kota Gudeg ini.

Nah, untuk siswa Padmanaba sendiri, rencananya akan ada Studi Banding, lho sebentar lagi. Mari tunggu kabar selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *