SMA Negeri 3 Meraih Juara Pertama LKTIN

Pada Minggu (21/8) yang lalu, Padmanaba kembali dibuat bangga oleh siswa – siswanya pada Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional (LKTIN) yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang (UNM). Pada lomba karya tulis ilmiah kali ini Universitas Negeri Malang mengambil tema Power and Energy System atau efisiensi energi. Lomba ini terbagi dalam tiga tahap yaitu, seleksi pertama pada tanggal 15 – 24 Juli 2016, lalu seleksi tahap kedua sekaligus pengiriman fullpaper pada tanggal 29 Juli – 8 Agustus 2016, dilanjutkan dengan grandfinal duapuluh besar pada tanggal 20 – 21 Agustus 2016. Luarbiasanya, dua siswi SMA Negeri 3 Padmanaba Yogyakarta kali ini berhasil membawa pulang juara pertama dalam ajang lomba karya tulis ilmiah tersebut.

Lusia Estihito Estuningrum dan Clara Parahita Nareswari merupakan siswi kelas duabelas (Padmanaba 72) SMA Negeri 3 Padmanaba Yogyakarta yang mewakili sekolah dan salah satu perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam lomba karya ilmiah tingkat nasional yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang. Pada lomba ini, mereka berinovasi membuat briket ficus elastica atau arang yang berbahan dasar daun dari pohon karetan. Menurut salah satu perwakilan tersebut, ide ini muncul ketika melihat begitu banyaknya sampah daun karetan yang berada di lapangan tengah maupun tempat parkir motor di SMA Negeri 3 dan berfikir bagaimana caranya aagar sampah itu bisa dikurangi. Persiapan untuk penelitian pun cukup memakan waktu, yaitu tiga sampai empat bulan lamanya.

Lusia Estihito dan Clara Parahita atau yang kerap disapa Hito dan Rara ini membawa pulang cukup banyak penghargaan diantaranya, piala 20 besar, piala Juara 1 LKTIN, sertifikat Juara 1 LKTIN, uang pembinaan, bahkan dijanjikan ‘kursi’ di teknik elektro Universitas Negeri Malang. Sertifikat ini pun juga dapat digunakan sebagai jalur saat akan mendaftar perkuliahan nantinya. Sehingga ajang ini dapat digunakan untuk siswa – siswi lain agar lebih bersemangat dalam berlomba – lomba menuntut ilmu dan mencari prestasi. Diharapkan siswa – siswi yang lain juga dapat berprestasi akademis maupun non – akademis dalam bidangnya masing – masing.

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *