Sekolah Dulu dan Sekarang

Indonesia sudah berusia tujuh puluh tahun dan tentu banyak yang berlalu dalam tujuh puluh tahun itu. Terutama di bidang pendidikan,Indonesia sedikitnya sudah melewati tujuh kali pergantian kurikulum. Bagaimana perbedaan kurikulum terdahulu dengan kurikulum 2013 yang diikuti anak kita di sekolah saat ini?

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Disini ada tiga aspek penilaian utama. Yang pertama  aspek pengetahuan , kedua aspek keterampilan, dan ketiga aspek sikap dan perilaku.

Di kurikulum ini nilai sikap dan perilaku mendapat porsi penilaian yang cukup besar yaitu 60 % sehingga jika sikap anak kita di sekolah kurang baik maka otomatis seluruh nilai anak kita akan menjadi kurang baik pula. Di dalam kurikulum ini juga menggunakan sistem penilaian seperti di dunia perkuliahan yaitu sistem nilai 4 angka atau IP.

Dalam mata pelajarannya ada beberapa yang di sederhanakan seperti Bahasa Indonesia, IPS, PPkn. Dan yang lebih dikembangkan adalah mata pelajaran matematika yang diharapkan Indonesia memiliki standar yang sama dengan dunia internasional.

Selain itu murid juga di tuntut untuk menjadi lebih aktif bertanya di kelas dan lebih aktif untuk mencari ilmu pengetahuan, jadi jangan kaget jika anak kita akan sedikit lebih sibuk dari biasanya. Bantu dia dan arahkan secukupnya untuk membantunya menjadi mandiri dan bisa memanajemen waktu belajar dan berkegiatan yang cukup.

Poin-poin diatas adalah sedikit cuilan dari kurikulum 2013 sekarang. Bagaimana dengan kurikulum anda disaat anda sekolah dulu?  Semoga artikel ini berguna untuk membantu anda dalam membimbing anak anda belajar di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *