Sebelum UKT, Perisai Diri Adakan Latihan Alam

Perisai Diri Padmanaba atau yang biasa disingkat PD Padmanaba adalah ekstrakulikuler silat dari SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pada hari Minggu tanggal 8 Mei 2016, Perisai Diri Padmanaba mengadakan latihan alam di Taman Kaliurang, tujuan diadakannya latihan alam ini selain untuk melepas kepenatan juga untuk melatih fisik sebagai persiapan menghadapi UKT atau Ujian Kenaikan Tingkat.

Para anggota Perisai Diri Padmanaba berkumpul di lokasi pukul 8 pagi, acara latihan alam tersebut dimulai pada pukul 08.30. Acara ini sudah disiapkan seminggu sebelum acara latihan alam dilaksanakan. Alumnu Perisai Diri juga ikut memeriahkan latihan alam tersebut. Kegiatan yang dilakukan antara lain melatih fisik dengan push up, sit up dan melatih dan menghafal teknik untuk mempersiapkan Ujian Kenaikan Tingkat. Dengan pakaian olahraga, para anggota Perisai Diri Padmanaba tampak bersemangat berlatih dengan menendang box yang dibawa dari sekolah. Setelah selesai berlatih, beberapa dari mereka ada yang memilih menikmati suasana taman kaliurang, ada yang memilih untuk mencicipi makanan dan minuman seperti sate kelinci, ronde atau memilih untuk bermain sambil mengambil gambar. Latihan alam ini selesai pada pukul satu siang.

Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) sendiri akan dilaksanakan pada Minggu, 29 Mei 2016. Ujian Kenaikan Tingkat biasanya diadakan setiap enam bulan sekali. Namun, dikarenakan minggu tersebut digunakan untuk Ujian Kenaikan Kelas, dari pihak Perisai Diri Padmanaba meminta agar UKT dimajukan. Ujian Kenaikan Tingkat dilaksanakan sehari setelah Pentas Besar Jubah Macan 2016 yang dilaksanakan di Concert Hall, Taman Budaya Yogyakarta, tepatnya pada hari Minggu, 15 Mei 2016 di Ruang Argabagya, SMA Negeri 3 Yogyakarta yang diikuti oleh anggota Perisai Diri SMA Negeri 3 Yogyakarta dan Perisai Diri SMA Negeri 9 Yogyakarta. Setelah selesai diadakannya Ujian Kenaikan Tingkat, pengurus daerah Perisai Diri memberi masukan dan saran dengan memberi contoh gerakan yang benar. Semua peserta dinyatakan lulus. Pada setiapdilaksanakannya Ujian Kenaikan Tingkat akan diambil satu nama sebagai peserta terbaik dalam tiap tingkatan.

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *