Pertukaran Pelajar Demi Dalami Budaya

Pertukaran pelajar tentu tak asing hadir di telinga kita, terutama untuk Padmanaba yang memang kerap mengikuti berbagai program pertukaran yang memberangkatkan siswanya atau menerima siswa dari belahan Bumi lainnya. Beragam program pertukaran yang menarik minat para siswa Padmanaba untuk menjadi hostfam yang akan menyediakan rumah bagi sang peserta program dari negara lain maupun learning buddy yang hanya menemani tapi tidak menyertakan rumahnya sebagai tempat tinggal sementara bagi peserta tersebut.

Salah satu contohnya saja, seperti program pertukaran yang kemarin baru saja selesai pada 30 Juli 2016 yakni International Culture Explore. Program besar tahunan yang mewadahi berbagai negara di dunia demi mengirim salah satu anak bangsanya ke negara kita ini ditujukan untuk pembelajaran total Indonesia dari berbagai aspek demi membandingkan bersama kebudayaan tersebut di negara masing-masing. Tentu saja, tujuan lainnya adalah memperluas pertemanan global antar negara. Karena itu, alangkah lebih baik jika pembelajaran buda dilakukan di kota yang sangat kental dengan budaya dalam secuil kehidupan sehari-hari sekalipun.

Beberapa siswa Padmanaba pun ikut program ini untuk menjadi hostfam maupun learning buddy, yang membuat tiga siswa negara lain juga ikut menyusuri lorong SMA Negeri 3 Yogyakarta beberapa kali walaupun tidak memasuki kelas akademik sekolah untuk belajar karena memang pembelajaran yang ditujukan program ini adalah pembelajaran seni, budaya dan sosial. Alasan itu tak membuat pihak sekolah menyambut mereka dengan seenaknya. Tiga siswa peserta program pertukaran yang terdiri dari seorang siswa asal Thailand, Malaysia, dan Korea Selatan ini disambut ramah oleh Ibu Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah ketika pertama kali menjejakkan kaki di Padmanaba. Apalagi ternyata, ibu dari salah satu peserta tersebut juga seorang yang dulu pernah belajar di sini!

 

Penulis : Nadia Viola Angesti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *