PEDeS Berjaya di Surabaya

Tak diragukan lagi bahwa siswa – siswi SMA Negeri 3 Padmanaba terkenal dalam prestasinya yang segudang dan selalu membawa piala baik dalam berbagai kejuaraan. Prestasi ini juga meliputi dari berbagai ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 3 Padmanaba. Kali ini Padmanaba English and Debating Society (PEDeS), ekskul debatnya Padmanaba, berhasil membawa pulang prestasi yang membanggakan dari perlombaan debat. Highschool Extravagance Debate Challenge (HXDC) ini diadakan di Universitas Petra, Surabaya pada Jumat (11/11) sampai dengan Minggu (13/11) yang lalu. Perlombaan debat ini adalah perlombaan setingkat nasional dengan peserta seluruh siswa – siswi SMA.

Tim PEDeS ini berisikan tiga anggota yaitu Mareeka Yinawati L dari kelas XI IPA 6, Nasywa Nur dari kelas XI IPA 5 dan Shania Angelina dari XI IPS. Mereka berhasil meraih 1st Runner Up team dalam Debate Competition dan Mareeka Yinawati L berhasil meraih Best Speaker. Tim PEDeS ini berangkat satu hari sebelum perlombaan dilaksanakan, Kamis (10/11), dan pulang pada hari Senin (14/11). Persiapan dari lomba ini pun cukup matang, Shania Angelina berkata, bahwa persiapan ini sudah dari lama dan dengan latihan yang rutin. Latihan untuk persiapan HXDC ini berbentuk sparring dengan EDS (English Debating Society) dari Universitas Gadjah Mada. Shania juga bercerita tentang perlombaan hari pertamanya melawan SMA Sidoarjo. Perlombaan pun dilaksanakan cukup lama mulai dari pukul 7 pagi hingga 6 petang. Dan mereka pun berhasil memasuki babak quarter final hingga dapat meraih 1st Runner Up.

Shania Angelina berharap semoga Padmanaba English and Debating Society semakin sukses dan semakin baik dalam perlombaan – perlombaan selanjutnya. Tentu saja prestasi ini sangat membanggakan, mengingat bahwa perlombaan ini dilaksanakan diluar kota Yogyakarta, nama SMA Negeri 3 Padmanaba semakin dikenal luas oleh masyarakat. Prestasi ini juga dapat dijadikan motivasi oleh siswa – siswi lain untuk terus berkarya dalam bidang yang ditekuninya dan menghasilkan prestasi – prestasi lain yang dapat berguna bagi Padmanaba, maupun nusa dan bangsa.

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *