Kemenangan PeDes di Pusdec 2016

Lagi, lagi, dan lagi Padmanaba English and Debating Society (PeDes) kembali berdedikasi untuk Padmanaba. Perlombaan kali ini diselenggarakan oleh SMA Negeri 5 Yogyakarta yaitu Puspanegara Speech and Debating Competition. Perlombaan ini diselenggarakan selama dua hari yaitu pada hari Minggu (1/5) dan Senin (2/5) di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Perwakilan PeDes kali ini berasal dari Padmanaba 72 dan Padmanaba 73. Dan perlombaan kali ini tepatnya adalah lomba dan kemenangan terakhir bagi PeDes 72.

Rincian dari prestasi Padmanaba English and Debating Society di Pupanegara Speech and Debating Competition adalah:

  1. Champion of English Debate atas nama Herdifitriane Saintissa Yanuaristi, Pradipta Khairani, dan Tantri Juliana
  2. 1st Best Speaker atas nama Herdifitriane Saintissa Yanuaristi
  3. Co – 2nd Best Speaker atas nama Tantri Juliana
  4. Co – 4th Best Speaker atas nama Pradipta Khairani

Dan juga tidak lupa bagi Shania Angelina dan juga Nasywa yang telah sukses meraih Co – Best Speaker di perlombaan ini.

Padmanaba English and Debating Society telah berhasil menyumbangkan piala dan prestasinya dengan jumlah yang tak sedikit. Ekstrakurikuler ini telah aktif dalam segala perlombaan dan kompetisi dari regional maupun nasional yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Dan bagi PeDes 72, perlombaan dan kemenangan kali ini adalah yang terakhir yang sebelumnya juga telah berhasil di kompetisi ALSA UI di Jakarta. Setelah dua tahun berjuang bersama – sama mengikuti lebih dari 20 kompetisi dan berhasil meraih 16 piala, PeDes 72 memutuskan untuk gantung suara alias pensiun.

“Alhamdulillah menang dan itu senang banget. Karena kebetulan Pusdec 2016 ini menjadi salah satu ajang penutup dari kami PeDes 72 juga. Setelah kami mencoba lomba nasional terakhir kemarin yaitu ALSA UI, kami juga memutuskan untuk mencoba yang regional dan lomba regional kami yaitu Pusdec 2016 ini,” jelas Herdifitriane Saintissa Yanuaristi atau yang kerap kali disapa Tissa.

Persiapan lomba kali ini juga tidak terlalu berat seperti lomba sebelumnya yaitu ALSA UI. Hanya berlatih dan menyiapkan mental untuk menghadapi perlombaan ini. Menurut Tissa, sebagai PeDes 72 dan anggota Padmanaba English and Debating Society, PeDes merupakan ekstrakurikuler yang banyak pembelajarannya. Mulai dari proses yang luarbiasa, dapat menambah kenalan, melatih kepercayaan diri, public speaking, dan juga tentunya melatih kemampuan berbahasa terutama bahasa inggris.

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *