Karwis 73: #73KANBALIBARENGKOE

Telah dilaksanakan kegiatan karya wisata bagi kelas XI, Padmanaba 73 selama enam hari. Kegiatan ini dilaksanakan dari hari Sabtu, 17 Desember 2016 hingga hari Kamis, 22 Desember 2016. Dalam rangka karya wisata tersebut SMA Negeri 3 Yogyakarta memberangkatkan 4 bus; 3 bus besar dan 1 bus kecil dengan peserta sebanyak siswa dan guru pendamping. Jauh-jauh hari sebelumnya telah diadakan pemungutan suara untuk menentukan tujuan karya wisata dan terpilihlah Bali dengan durasi selama enam hari.

Kegiatan karya wisata dimulai hari Sabtu, 17 Desember 2016, bebarengan dengan pengambilan rapor siswa yang dimulai pukul sepuluh bagi. Keempat bus diberangkatkan pada pukul tujuh pagi, sebelum berangkat dilaksanakan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Khamid Mashudi, S.Ag, M.Pd.I. Pemberhentian pertama adalah sebuah rumah makan di daerah Ngawi untuk makan siang, dilanjutkan pemberhentian di rumah makan area Pasuruan untuk makan malam.

Rombongan tiba di Pelabuhan Gilimanuk, Bali sekitar pukul 06.00 WITA hari Minggu, 18 Desember 2016. Perjalanan dilanjutkan menuju ke Pura Tanah Lot setelah sarapan. Tujuan wisata selanjutnya adalah Bali Bird Park, setelah itu rombongan check in di Hotel Siesta daerah Legian, Kuta. Senin, 19 Desember 2016 kegiatan karya wisata dimulai dengan water sport di Pantai tanjung Benoa, dilanjutkan dengan wisata ke Pantai Pandawa. Untuk menutup hari, peserta diberi kesempatan untuk berjalan-jalan di daerah Kuta.

Hari keempat dimulai dengan melihat pertunjukkan Tari Barong setelah check out dari Hotel Siesta, dianjutkan dengan wisata belanja di Joger. Setelah itu singgah sebentar di Pura Ulundanu Bedugul dan terakhir check in di Hotel Pop SIngaraja. Hari terakhir di bali, Rabu (21/12) dijadwalkan untuk Dolphin Hunting Tour pada pukul 06.00 WITA namun, karena cuaca yang kurang mendukung acara tersebut ditiadakan. Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi pusat oleh-oleh Krisna, kemudian menuju Pelabuhan Gilimanuk. Rombongan tiba di SMA Negeri 3 Yogyakarta pada hari Kamis (22/12) pukul 09.30 WIB.

Dari awal hingga akhir kegiatan karya wisata, para peserta tampak sangat antusias. Meskipun terdapat beberapa kendala selama pelaksanaan karya wisata, tidak menyurutkan semangat peserta dalam mengikuti rangkaian kegiatan.

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *