Juara 1 Karya Ilmiah Science Project Awards

Science Project Awards adalah sebuah ajang kompetisi karya ilmiah se Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). Science Project Awards merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian acara STAR FM (Science, Technology, and Art Festival of Mathematics) tahun 2016. Tahun ini Science Project Awards mengangkat tema “Solusi Pengolahan Limbah dan Inovasi Teknologi untuk Masa Depan yang Lebih Baik”, dengan dua kategori karya ilmiah yang dilombakan yaitu, pemanfaatan limbah dan teknologi.

Kompetisi ini ditujukan bagi pelajar SMP/ sederajat dan pelajar SMA/ sederajat baik negeri maupun swasta se Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY. Lomba bersifat tim, yang terdiri dari maksimal 3 siswa dari sekolah yang sama dan hanya diperbolehkan mengirim satu karya tulis terbaiknya.

Kompetisi dimulai dari pendaftaran peserta dan pengumpulan abstrak dengan sistem online, tanpa dipungut biaya. Kemudian diumumkan peserta yang lolos seleksi abstrak, peserta tersebut kemudia mengirimkan karya tulis mereka. Setelah lolos seleksi karya tulis, 10 tim mengikuti tahap presentasi di FMIPA UNS. Lima besar finalis Science Project Awards dengan kategori teknologi merupakan tim yang berasal dari MAN Mojokerto, SMP Khairunnas, SMAN 3 Surakarta, SMAN 3 Yogyakarta, dan SMAN 1 Yogyakarta. Sedangkan lima besar finalis Science Project Awards dengan kategori pemanfaatan limbah berasal dari MAN Babat, SMAN 1 Gemolong, SMAN 3 Klaten, SMAN 3 Yogyakarta, dan MAN 3 Kediri. Selain presentasi, para finalis juga memamerkan prototype proyek sains milik mereka masing-masing pada hari Sabtu, 5 November 2016.

Salah satu tim dari SMA Negeri 3 Yogyakarta yang beranggotakan dua siswi kelas XII, Nayanggita Nur dan Annisa Dianing berhasil memperoleh juara 1 Science Project Awards kategori pemanfaatan limbah. Tim yang diketuai oleh Nayanggita Nur tersebut mengangkat judul “Pemanfaatan Limbah Kulit Jeruk Bali, Tulang Ayam, dan Ampas Tebu Pabrik Gula Madukismo sebagai Bahan Bakar Briket”. Untuk Science Project Awards kategori teknologi juara 1 diraih oleh SMP Khairunnas dengan judul Alat Pengontrol Pestisida dan Pupuk Kendali Jarak Dekat.

 

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *