Hari Kedua PLS 2016 di SMA Negeri 3 Yogyakarta

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah 2016 di SMA Negeri 3 Yogyakarta telah memasuki hari kedua pada hari Selasa (19/7) yang lalu. Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) ini dicanangkan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 18 tahun 2016 yang baru – baru ini diberlakukan.

Kegiatan pada hari kedua Pengenalan Lingkungan Sekolah ini diawali dengan apel pagi bagi siswa baru yaitu siswa kelas 10 SMA Negeri 3 Yogyakarta. Para siswa baru ini datang sesuai waktu yang ditentukan yaitu pukul 06.30 WIB. Dengan berseragam rapi yaitu seragam putih biru, dasi, sabuk, kaos kaki putih, dan juga sepatu hitam, para siswa baru bersemangat dalam menjalani PLS hari kedua ini. Setelah apel pagi, para siswa baru ini digiring menuju ruang Arga Bagya untuk menerima sosialisasi tentang keorganisasian OSIS dan MPK.

Hari Kedua PLS 2016 SMA Negeri 3 Yogyakarta_2

Kemudian dilanjutkan dengan lomba menyanyi mars Padmanaba dan juga yel – yel kelas masing – masing mulai dari kelas X – A sampai dengan kelas X – G. Lomba ini diadakan di lapangan tengah SMA Negeri 3 Yogyakarta dan dijurikan oleh tiga guru SMA Negeri 3 yaitu Bapak Ghani, Bapak Fahmi, dan juga Ibu Khotimah. Lalu yang terakhir adalah sosialisasi Bimbingan Konsultasi (BK) SMA Negeri 3 Yogyakarta di ruang Arga Bagya.

Kegiatan PLS hari kedua ini cukup lancar juga berakhir pada waktu yang tepat yaitu pukul 14.00 WIB. Pada waktu itu, para siswa baru diwajibkan untuk mensterilkan daerah SMA Negeri 3 Yogyakarta dan diwajibkan untuk segera pulang kerumah sehingga siswa baru tersebut dapat dijamin keamanannya. Para perwakilan OSIS pun juga mengantar siswa – siswi baru ke gerbang timur SMA Negeri 3 juga menemani yang masih menunggu untuk dijemput.

Menurut Nabila Ramiza selaku salah satu siswa baru SMA Negeri 3 Yogyakarta, kegiatan PLS ini mengajarkan kegiatan yang berharga dan positif. Sifat – sifat seperti kekeluargaan, kerjasama, sopan santun, dan kepekaan terhapad sesama juga sangat diunggulkan. Senang dan sedih, segala rasa dapat dirasakan saat PLS 2016 ini. Diharapkan kelas 10 ini dapat bertumbuh, berproses, dan dapat menjadi siswa yang berguna bagi nusa dan bangsa nantinya.

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *