Ambalan SMA Negeri 3 Yogyakarta Mengikuti Pengembaraan Desember Tradisional

Tim pramukanya SMA Negeri 3 Yogyakarta, Ambalan Yos Sudarso – Kartini, tengah menjalani PDT (Pengembaraan Desember Tradisional). PDT ini diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kota Yogyakarta dengan peserta penegak – penegak (Pramuka SMA) seluruh SMA di Yogyakarta maupun luar Yogyakarta. PDT #11 kali ini merupakan lustrum yang ke – 9.

Sebelum pengembaraan, Pra – PDT sudah dilalui tim Ambalan Yos Sudarso – Kartini. Pra – PDT ini diselenggarakan pada Minggu (11/12) yang lalu. Di pra – PDT ini terdapat berbagai macam kegiatan perlombaan diantaranya yaitu keterampilan kepramukaan yang meliputi komunikasi lapangan, survival, ilmu medan peta dan kompas, pertolongan pertama, dan single rope technique, selain itu juga ada lomba baris – berbaris.

Setelah pra – PDT, terdapat pengembaraan. Pengembaraan kali ini diadakan pada Senin (19/11) hingga Jumat (23/11) minggu depan. Pada pengembaraan kali ini menggunakan rute Nyi Ageng Serang yaitu dimulai di Korem 072/PMK – Kasihan – Gamping – Godean – Moyudan – Seyegan – Minggir – Kalibawang – Samigaluh – Girimulyo – Nanggulan – Pengasih – Sentolo – Sedayu – Pajangan – Kasihan – Mantrijeron – Kraton – Pakualaman – Balaikota Yogyakarta. Dalam pengembaraan ini tidak hanya berjalan di rute saja, namun juga ada perlombaan yaitu cerdas cermat, festival kesenian rakyat, video dokumenter, writting travel competition, dan juga master chef atau lomba memasak.

Pengembaraan ini sistemnya adalah target perhari, maksudnya adalah setiap satu hari diharuskan untuk sampai dalam satu daerah lalu bermalam disitu. Dalam pengembaraan ini pun perlombaannya bersistem setiap sangga, berbeda dengan saat pra – PDT yang setiap sekolah. Saat pengembaraan tiba di Balaikota Yogyakarta hasil dari seluruh lomba diumumkan baik saat pra – PDT maupun pengembaraan. Terdapat juga juara yang diperebutkan yaitu Sangga Utama yaitu sangga dengan nilai tertinggi, Sangga Pengembara, dan Sangga Favorit yang dipilih melalui voting peserta.

Persiapan untuk mengahadapi PDT ini pun cukup lama dan matang. Dibimbing dan dibantu oleh beberapa alumni SMA Negeri 3 Yogyakarta yang dulunya juga merupakan anggota Ambalan yaitu Mas Alim angkatan 65, Mas Kepik angkatan 67, Mas Revi angkatan 62, dan Mbak Tias angkatan 66. Sukses untuk pengembaraannya Ambalan Yos Sudarso – Kartini!

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *