Wow, SMA N 3 Yogyakarta loloskan 6 Finalis OPSI 2014

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa SMA N 3 Yogyakarta yang mengikuti lomba OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) dengan meloloskan 6 Finalis OPSI dari berbagai kategori. Naskah yang terpilih sebanyak 90 naskah penelitian terbaik seluruh Indonesia dari bidang Sains Dasar, Sains Terapan dan IPS Humaniora dan 6 diantaranya diraih oleh finalis SMA N 3 Yogyakarta.
Adapun peserta dari SMA 3 yang lolos antara lain :

  1. Gregorius Gilang Satrio Nugroho & Adolf Adrian Kurniawan dgn judul “Rekayasa Fotoperiodisme Ulat Sutra Putih (Bombyx mori) Dan Murbei (Morus Alba) Guna Mengoptimalkan Pertumbuahan Larva”.
  2. Ema Andriyani & Virsyadini Anafisati dgn judul “PARASIT (Papan Ramah Lingkungan Komposit)”
  3. Auliana Ratri Prabandari Hidayat & Nora Fionna Humanika dgn judul “Kayu Komposit Dari Kulit Pisang Kepok (Musa Paradisiaca) Dan Sabut Kelapa (Coccos Nucifera)”.
  4. Mumtaz Rizqia & Rewindra Dwirahma dgn judul “Sistem Deteksi Buah Berformalin Berbasis Hidung Elektronik (Electronic Noise)”.
  5. Addo Hernando & M. Stally Argha dgn judul “Ekstrak Daun Katuk dan Daun Ketela Pohon Sebagai Pencegah Diabetes Retinopati”.
  6. Sabrina Alvie Amelia & Vianeztia Violetta dgn Judul “Pengaruh Terapi Tertawa Terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional di SMA N 3 Yogyakarta”.
Kemudian seluruh peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan OPSI yang dipusatkan di Hotel Crystal Lotus Yogyakarta. Mereka akan mempersiapkan “Poster Booth” yang akan digunakan untuk pameran penelitian. Acara berlangsung dari tanggal 19-24 Oktober 2014.
sumber: padmanaba.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *