Upacara Peringatan HUT Padmanaba ke 74

Padmanaba adalah sebuah organisasi keluarga pelajar yang lahir tanggal 19 September 1942 pada masa penjajahan Jepang. Dan setiap tahun SMA Negeri 3 Yogyakarta selalu memperingati hari ulang tahun Padmanaba. Seluruh siswa, para alumni, para guru atau mantan guru, pengurus sekolah merupakan keluarga besar Padmanaba.
Hari Senin, 19 September 2016 adalah tanggal tepat dimana Padmanaba menginjakkan usia yang ke 74. Seperti tahun – tahun sebelumnya, salah satu rangkaian acara untuk memperingati hari ulang tahun Padmanaba adalah dengan melaksanakan upacara. Upacara yang dimulai pukul 07.15 WIB tersebut berbeda dengan upacara hari Senin yang rutin dilaksanakan tiap minggunya. Seluruh siswa mengenakan seragam kebesaran, yaitu atasan kemeja berwarna putih dengan bawahan berupa rok atau celana kheki lengkap dengan dasi hitam dan muts. Selain itu, yang membedakan upacara peringatan hari ulang tahun Padmanaba dengan upacara yang rutin dilaksanakan setiap Senin adalah kehadiran para alumni SMA Negeri 3 Yogyakarta yang ikut meramaikan upacara peringatan hati ulang tahun Padmanaba ke-74 dengan ikut serta menjadi peserta upacara tersebut.

Keistemewaan upacara peringatan hari ulang tahun Padmanaba yang lain adalah adanya pembacaan sejarah singkat Padmanaba oleh salah satu alumni SMA Negeri 3 Yogyakarta dan ketua alumni Padmanaba hadir sebagai pembina upacara. Tak lupa, setelah selesai menyampaikan amanat mengenai Padmanaba dan harapan kedepannya, pembina upacara meneriakkan semboyan SMA Negeri 3 Yogyakarta yang diikuti dengan serempak dan penuh semangat oleh seluruh peserta upacara. Bhakti Vidya Kshatriya Tama, Tan Lalana Labet Tunggal Bangsa. Jaya, Jaya Padmanaba! Hidup Padmanaba!
Pada saat menyanyikan Mars Padmanaba, Hymne Padmanaba, dan Bagimu Ngeri seluruh siswa dan alumni SMA Negeri 3 Yogyakarta menyanyikan ketiga lagu tersebut dengan penuh kekhidmatan. Bhayangkara Padmanaba 72 bertugas dalam upacara peringatan hari ulang tahun Padmanaba yang ke 74 ini. Kegiatan upacara peringatan hari ulang tahun Padmanaba ini selesai kurang lebih pada pukul 08.30 WIB. Secara keseluruhan rangkaian upacara berjalan dengan lancar.

 

 

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *