Tips dan Cara Melatih si Kecil Berpuasa Ramadhan

Telah datangnya bulan Ramadhan tentunya banyak hal yang harus kita persiapkan. Apalagi untuk urusan si kecil yang sudah harus belajar berpuasa. Padahal jika nanti si kecil ini rewel, tentunya bukan perkara yang mudah. Dalam hadist juga disebutkan bahwa,

“Perintahkan anak – anak kalian shalat pada umur 7 tahun, dan pukullah (jika menolak) pada umur sepuluh tahun, dan pisahkan tempat tidur mereka.” [HR. Ahmad dan Abu Dawud]

Tentu ini sama dengan puasa, yang mana  sudah mencapai baligh maka anak itu sudah diwajibkan untuk berpuasa. Untuk itu bagi yang belum wajib untuk berpuasa pastinya harus sudah dilatih sejak dini agar sudah terbiasa dan tidak kaget dengan keadaan di bulan yang suci ini. Berikut adalah tips dan cara agar si kecil tidak rewel saat berpuasa Ramadhan:

  1. Siapkan makanan sahur yang bergizi (4 sehat 5 sempurna) agar gizi si kecil tetap tercukupi saat berpuasa.
  2. Sesuaikan dengan kondisi si kecil, jangan memaksakan untuk berpuasa sampai waktu buka tiba jika memang si kecil tidak kuat. Buat saja aturan jam seperti halnya yang sering kita dengar yaitu puasa bedhug atau puasa setengah hari.
  3. Siapkan mainan atau sesuatu yang bisa membuat perhatian si kecil teralihkan dan tidak rewel saat berpuasa.
  4. Beri reward atas usaha berpuasa si kecil. Jika memang setengah hari, juga tak lupa beri pujian atau janjikan suatu hadiah jika si kecil mampu melaksanakan puasa sampai waktunya buka tiba.
  5. Memberitau si kecil bahwa Allah dan Rasulullah menyukai anak yang mampu berpuasa sehingga si kecil pun dapat termotivasi untuk melakukannya.
  6. Adakan buka puasa bersama sekeluarga atau teman – teman si kecil agar tetap semangat saat menjalani puasa esok harinya.
  7. Tentunya yang terakhir, siapkan menu buka puasa yang ia sukai atau sesuatu yang menarik dan tentunya bergizi agar si kecil bersemangat untuk berpuasa.

Sedikit ini adalah tips dan cara untuk melatih si kecil berpuasa. Selalu diingat bahwa anak kecil belum wajib berpuasa, sehingga tidak memaksakan si kecil untuk berpuasa penuh. Alangkah baiknya untuk mengajarkan dan memberi pengertian akan nikmatnya berpuasa di bulan Ramadhan sejak dini.

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *