Tak Selalu Negatif, Bermain Video Games juga Memiliki Dampak Positif

Video Games merupakan salah satu mendia hiburan yang digemari berbagai macam kalangan, dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Secara teknologi games dapat dinikmati melalui berbagai macam platform seperti handphone, PC, PlayStation, Nintendo, Xbox, dan lain lain. Di sisi lain, banyak orang tua yang merasa khawatir ketika anaknya bermain video games, karena membuat anak menjadi lebih malas dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain video games. Banyak orang beranggapan bahwa bermain video games dapat menimbulkan dampak negatif, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar karena bermain video games juga dapat menimbulkan dampak positif. Apabila bermain video games dengan pengaturan waktu yang tepat dapat mengurangi efek negatif bermain video games. Berikut ini dampak positif yang didapatkan dari bermain video games:

Mendapat teman baru

Pemain game online seperti Dota 2, Point Blank, dan lain-lain tidak hanya terdapat dalam satu wilayah. Ketika pemain membutuhkan dan mencari item tertentu dalam sebuah game, pemain dapat menambah teman baru.

Mempelajari Bahasa Inggris

Kebanyakan permainan menggunakan bahasa pengantar internasional, Bahasa Inggris. Dengan bermain video games, pemain mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, meningkatkan kosa kata.

Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan

Bermain game tidak hanya sekedar bermain. Setiap game pasti memiliki alur cerita yang harus diselesaikan. Tanpa disadari, pemain dituntut untuk menemukan solusi agar dapat naik level yang lebih tinggi

Mengurangi stress

Game diciptakan sebagai penghibur. Apabila stress akibat tugas yang menumpuk, bermaij game dapat membantu mengurangi beban pikiran dan meningkatkan kebahagiaan. Namun, saat bermain game harus tetap ingat waktu. Jangan sampai pekerjaan lain tertunda dan menumpuk akibat terlalu sering bermain game.

Meningkatkan kerja tim

Kerjasama juga dibutuhkan saat bermain game, misalnya game online. Ada permainan yang menuntut beberapa pemain agar bekerja sama dalam sebuah tim, jika kerja sama buruk tim dapat berakhir dengan kekalahan. Sebaliknya, kerjasama tim yang bagus dapat mengantar tim menuju kemenangan.

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *