Studi Banding Rohis SMA N 2 Yogyakarta

Rohani Islam atau yang biasa disebut Rohis adalah sebuah organisasi yang bertujuan memperkuat dan memperdalam ajaran agama Islam. Rohis biasanya terdapat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), dikemas layaknya OSIS dengan susunan pengurus harian mulai dari ketua, wakil, sekertaris, bendahara, hingga divisi – divisi lain yang bertugas pada bagiannya masing – masing.

Rohis SMA Negeri 3 Yogyakarta yang biasa disebut dengan SKI (Sie Kerohanian Islam) Al Khwarizmi menjalankan salah satu program kerja ukhuwah pada hari Rabu (19/10) yang lalu. Ukhuwah adalah salah satu divisi dalam SKI (Sie Kerohanian Islam) Al Khwarizmi yang bertugas dalam mempererat persaudaraan. Dengan Rohis dari SMA Negeri 2 Yogyakarta, Karisma singkatan dari Kerohanian Islam Smada menyelenggarakan studi banding. Studi banding dilaksanakan mulai pukul 15.30 WIB hingga pukul 17.40 WIB di ruang Audio Visual SMA Negeri 3 Yogyakarta. Kegiatan studi banding dikemas dengan bentuk presentasi dari SKI (Sie Kerohanian Islam) Al Khwarizmi SMA Negeri 3 Yogyakarta. Presentasi tersebut menyangkut beberapa hal, mulai dari program kerja, cara mengatasi masalah, program kerja masing-masing divisi contohnya divisi kajian, ukhuwah, ekis (ekonomi islam), dan kemas (kemakmuran masjid).

Peserta yang mengikuti studi banding tersebut ada sebanyak 49 orang, 11 orang dari SKI (Sie Kerohanian Islam) Al Khwarizmi SMA Negeri 3 Yogyakarta dan 38 orang dari rohis SMA Negeri 2 Yogyakarta, Karisma. Namun, dalam melaksanakan kegiatan ini masih belum sempurna karena pada rencana awal akan diadakan presentasi dari kedua organisasi, SKI (Sie Kerohanian Islam) Al Khwarizmi dan Karisma.  Tetapi, karena kegiatan tidak dilaksanakan sesuai jadwal dan adanya kurangnya komunikasi. Walau begitu menurut Winaldha bendahara SKI (Sie Kerohanian Islam) Al Khwarizmi pada wawancara hari Rabu (26/10) , para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut, khususnya anggota rohis SMA Negeri 2 Yogyakarta. Untuk rencana kedepannya SKI (Sie Kerohanian Islam) Al Khwarizmi akan kembali mengagendakan studi banding program kerja studi banding.

 

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *