Simulasi UNBK Kelas XII

Dalam mempersiapkan para pelajarnya untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta melaksanakan Simulasi UNBK pada seluruh siswa kelas XII pada tanggal 10 Desember 2015 hingga 30 Januari 2016 mendatang. Padmanaba yang baru tahun depan melaksanakan sistem ini lantaran sebelumnya masih menggunakan sistem paper-based test, tentu menganggap ini sangat bermanfaat karena siswa-siswinya dapat beradaptasi dengan sistem baru, yaitu computer-based test.

a

Simulasi mata pelajaran Matematika yang baru saja diadakan tanggal 29-30 Desember kemarin dan bertempat di Lab. Komputer 1, berhasil dilaksanakan dengan lancar. Siswa-siswi kelas XII Padmanaba sudah seperti layaknya ujian, mengenakan seragam rapi, serta harus mengerjakan soal-soal dengan jujur. Namun memang, simulasi ini tidak bersifat wajib bagi seluruh siswa XII Padmanaba, mengingat kegiatan ini bebarengan dengan liburan dan beberapa siswa berhalangan datang.

Menilik tentang UNBK sendiri, UNBK merupakan Ujian Nasional yang menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya UNBK menggunakan sistem semi-online, dimana server pusat akan mengirimkan paket soal ujian ke sekolah-sekolah secara daring, kemudian server sekolah akan memberikan soal ke peserta secara offline. Selanjutnya hasil ujian akan diunggah secara online ke server pusat kembali.

Tepatnya 26 SMA di provinsi DIY akan melaksanakan UNBK 2016 yang dilaksanakan April mendatang ini, usai sebelumnya telah dilaksanakan verifikasi dan seleksi. Ujar Baskara Aji selaku Kepala Dikpora DIY, dikutip dari Harian Jogja, tingkat akurasi UNBK sangat bagus dan tidak perlu ada yang takut kurang tebal membubuhkan pensil dalam lembar jawaban.

“Bukan hanya akurasi, tapi kejujuran siswa juga semakin tinggi. Sebab login siswa hanya ada satu dan satu siswa satu model soal jadi tidak bisa mencontek dengan temannya”, tambahnya.

Sistem baru yang tampaknya lebih terjamin demi hasil ujian yang akurat dan jujur ini bisa saja menjadi motivasi pendorong prestasi siswa Padmanaba pada UNBK mendatang. Kita buktikan bahwa Padmanaba tetap yang terbaik di bidang akademis, dengan hasil yang jujur dan tanpa kecurangan!

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *