Sebaik Apakah Internet Itu?

Dewasa ini, internet dan gadget merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Dua hal tersebut adalah salah satu kebutuhan utama banyak masyarakat. Contohnya sebagai alat pencari informasi, pekerjaan, bahkan sampai hal mengisi waktu luang. Internet merupakan hal yang sangat penting. Bahkan jika ‘paketan’ internet kita habis, kita dapat dibuat kalang kabut olehnya. Memang internet memiliki manfaat yang positif diantaranya mempermudah penyampaian maupun pencarian informasi. Namun, seiring dengan manfaat positif tentunya diiringi dengan efek negatif.

  1. Situs Berbahaya

Internet merupakan dunia yang sangat luas dan bebas. Banyak sekali situs – situs yang dapat kita buka. Situs – situs tersebut juga dapat berisi berbagai informasi yang menarik dan bermanfaat. Namun apakah hanya itu? Tentu tidak. Banyak juga situs – situ yang dapat menjebak kita dalam gelapnya dunia maya contohnya adalah situs pornografi. Hal ini juga perlu dijauhkan dari jangkauan anak – anak. Karena bahayanya tidak hanya bagi diri sendiri namun juga orang lain seperti kekerasan dan juga pelecehan.

 

  1. Penipuan

Akhir – akhir ini banyak situs jual beli online yang berkembang di kalangan masyarakat Indonesia. Situs jual beli online ini juga dapat mempermudah jual beli hingga keseluruh pelosok Indonesia. Namun, tentunya kita harus tetap waspada dan berhati – hati. Tetap pilih tempat atau situs jual beli yang terpercaya, khususnya para penjualnya. Karena hal ini juga dapat dimanfaatkan oleh oknum – oknum ‘nakal’ diluar sana yang mencari celah agar dapat melakukan aksinya.

 

  1. Apatis

Internet memang sangat memudahkan manusia dalam berkomunikasi. Dengan hanya mengetik dan menekan tombol kirim kita dapat mengirim bahkan sampai beribu – ribu pesan. Dengan dipermudah dan diperlancarkannya kita dalam berkomunikasi terkadang kita dapat melupakan kehidupan nyata. Hal ini dapat dikurangi melalui komunitas terkecil yaitu keluarga. Berikan waktu bagi anda dan keluarga dalam bermain internet dan gadget. Sehingga kita dapat mengurangi kehidupan apatis melalui keluarga.

 

Masih banyak lagi kenegatifan internet yang dapat menghantui kita. Maka dari itu berbijak – bijaklah dalam memilih situs, informasi, maupun kegiatan yang terdapat di gadget dan internet. Mulailah dari diri sendiri dan keluarga di sekitar.

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *