Safari Idul Adha di SMA Negeri 3

Bertepatan dengan perayaan Hari Idul Adha beberapa saat yang lalu, SMA Negeri 3 Yogyakarta juga ikut berpartisipasi dengan berbagai kegiatannya, yaitu Safrida (Safari Idul Adha). Kegiatan yang diusung oleh SKI Al – Khawarizmi atau rohisnya SMA Negeri 3 ini terdapat cukup banyak kegiatan mulai dari penyembelihan hewan qurban, pengajian, dan lain – lain. Kegiatan ini diketuai oleh Fauzan Izza Khadiqa dari Padmanaba 73 dan didampingi oleh beberapa guru SMA Negeri 3 yaitu Bapak Khamid, Bapak Khotim, Bapak Ghani, Bapak Is, Bapak Maryo, dan juga Ibu Khotimah.

Safrida kali ini bertemakan “BBQ: Berani Berkorban untuk Berqurban” dengan rangkaian acara dimulai pada Selasa (13/9) yang lalu yaitu pengajian Safrida. Pengajian kali ini diisi oleh Farhan alumni Padmanaba angkatan 68. Isi dari pengajian ini cukup menarik, yaitu tentang ikhlas, hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Menariknya lagi, pengajian ini juga ‘diisi’ oleh rica – rica kambing gratis yang membuat semakin banyaknya siswa – siswi yang ikut berpartisipasi. Namun pengajian ini sempat terganggu oleh hujan yang cukup deras, sehingga yang pada awalnya bertempat di Lapangan Tengah lalu pindah ke Aula SMA Negeri 3. Kemudian rangkaian acara yang kedua yaitu TPA dan juga pengajian akbar oleh Ustadz Harpiyanto di desa Wonolelo, Bantul pada Rabu (14/9). Pengajian kali ini ditujukan kepada warga desa Wonolelo dan juga perwakilan beberapa siswa – siswi Padmanaba dan SKI Al – Khawarizmi. Rangkaian acara terakhir yaitu penyembelihan hewan qurban dan bakti sosial yang telah diadakan pada hari Kamis (15/9).

Kegiatan Safrida ini dirasa cukup lancar dikarenakan cukup banyak yang tertarik dan ikut berpartisipasi. Tujuan dari kegiatan ini pun juga tercapai, yaitu meningkatkan kepedulian, mempererat tali silaturahmi, dan membantu sesama tidak hanya di Padmanaba namun juga ke masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi refleksi bagi warga muslim Padmanaba dengan bertepatannya hari raya Idul Adha dan kegiatan Safrida ini. Sehingga kegiatan ini tidak hanya menjadi formalitas saja bagi warga SMA Negeri 3 Yogyakarta.

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *