Pra – Pengenalan Lingkungan Sekolah

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya Masa Orientasi Siswa (MOS) tahun ini digantikan dengan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016. Selain itu, kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) maksimal dilaksanakan selama tiga hari pada hari dan jam sekolah. Pada tahun-tahun sebelumnya Masa Orientasi Siswa (MOS) dilaksanakan selama tiga hari dan satu hari tambahan untuk eksebisi ekstrakulikuler yang ada di SMA Negeri 3 Yogyakarta, namun masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tahun ini dilaksanakan selama tiga hari dan sudah termasuk dengan eksebisi ekstrakulikuler, yaitu hari Senin – Rabu, 18 – 20 Juli 2016.

Sebelum hari pertama masuk sekolah bagi siswa baru SMA Negeri 3 Yogyakarta, pada hari Sabtu, 16 Juli 2016 para siswa baru menghadiri pra- Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang dimulai dari pukul tujuh pagi. Para siswa baru masih menggunakan seragam putih biru atau seragam Sekolah Menengah Pertama (PLS). Dua ratus dua puluh enam siswa baru SMA Negeri 3 Yogyakarta terbagi menjadi tujuh kelas, dari kelas X A hingga kelas X G dan setiap kelas memiliki warna khas masing-masing, misalnya warna merah untuk kelas X A, warna ungu untuk X C, dan warna merah muda untuk kelas X G. Kakak-kakak kelas ikut membantu dan membimbing para siswa baru dalam menjalani masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS).

Setelah kelas terbagi dan perkenalan, acara selanjutnya adalah apel pagi yang dilaksanakan di lapangan tengah SMA Negeri 3 Yogyakarta, mereka baris dengan kelasnya masing-masing. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu yel-yel dan meneriakan jargon dari masing-masing kelas. Setelah itu, perwakilan kakak kelas memberi sambutan kepada siswa baru di ruang Argabagya. Sebelum pra-PLS berakhir, siswa siswi mencatat tugas berupa soal yang berisi petunjuk dalam membuat atribut papan nama, yang diberikan untuk digunakan saat masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) berlangsung. Pra – Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di akhiri pada pukul setengah dua belas siang.

 

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *