Play-Off Mengantar Kahfi ke PON

Salah satu murid Padmanaba telah berhasil memastikan posisinya untuk PON XIX 2016 di Jawa Barat dalam bidang catur setelah merebut peringkat pertama dalam babak play-off pada 1-7 Desember lalu, di Lembang, Bandung. Ia adalah Muhammad Kahfi Maulana, salah satu pecatur muda asal DIY yang sudah kerap kali mengikuti kejuaraan catur di segala tingkat regional dan berhasil membantai posisi juara.

IMG_5008

Dalam babak play-off yang menggunakan sistem pertandingan swiss 7 babak tersebut, ia bersaing dengan 10 pecatur lain. Ia langsung mencatat kemenangan atas MN Yaudi di babak pertama. Sempat bermain remis di babak kedua, ia kembali menang pada babak ketiga dan keempat atas Surya Setiawan dan MN Kasmen Lahay. Kahfi berhasil ditahan remis di ketiga babak terakhir oleh Imam Fauzi, Ruby Tamono, dan Reza Fajar namun Kahfi telah sukses menutup pertandingan dengan nilai lima, yang meloloskannya ke PON XIX tahun depan.

Kahfi, seorang siswa kelahiran 26 Juni 1999, memang telah memiliki daftar prestasi yang membanggakan dalam bidang catur. Sedikit dari banyak yang telah teraih olehnya ialah KEJURNAS 2015 Kel. B dengan menggenggam juara tiga, atau pada O2SN 2015 lalu ketika ia dengan sukses berada di peringkat pertama. Kini, selain berlatih catur untuk PON maupun kejuaraan-kejuaraan yang akan datang, keakrabannya dengan catur dan kejuaraannya sejak bertahun-tahun silam membuat Kahfi juga ingin memberikan ilmu serta membagi pengalamannya dalam bermain catur dengan mengajar di salah satu panti asuhan di dekat rumahnya tanpa dibayar.

 

 

 

 

Penulis: Nadia Viola A.

Editor: Rankin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *