PJRC Keluar Sebagai Juara Umum Panateen 2016

Ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Yogyakarta yang bergerak dalam kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) adalah Padmanaba Junior Rescue Corps atau yang biasa disingkat PJRC. Padmanaba Junior Rescue Corps (PJRC) mengikuti ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh tim bantuan medis mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Panateen Competition. Dalam kompetisi tersebut terdapat tiga kategori yang dilombakan, yaitu lomba cerdas cermat, keterampilan P3K, dan lomba poster. Dalam kompetisi Panateen 2016 ini memperebutkan Piala Gubernur.

Perwakilan sekolah tidak dibatasi jumlah timnya. SMA Negeri 3 Yogyakarta mengirim 3 tim untuk kategori lomba cerdas cermat, 3 tim untuk kategori pertolongan pertama (keterampilan P3K), dan satu tim untuk lomba poster. Untuk lomba cerdas cermat dan P3K setiap tim terdiri dari 3 orang dan untuk lomba poster bisa individu atau maksimal dua orang. Para peserta lomba sudah memepersiapkan selama kurang lebih tujuh belas hari sebelum lomba dilaksanakan, dengan cara mempelajari modul materi yang sudah disediakan.

Panateen telah diselenggarakan pada hari Minggu, 20 November 2016 di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM). Padmanaba Junior Rescue Corps (PJRC) yang mewakili SMA Negeri 3 Yogyakarta pada kategori lomba cerdas cermat masuk ke babak final dan bersaing dengan 4 tim dari sekolah lain. Namun, belum berhasil meraih juara. Dalam kategori pertolongan pertama (keterampilan P3K) berhasil mendapatkan juara 1 dan juara 2. Juara 1 Pertolongan Pertama (keterampilan P3K) atas nama:

  1. Rona Yasmin (XI IPA 2)
  2. Fauziah Ramadhani (X IPA 1)
  3. Sabila Rosyidah (X IPA 4)

Juara 2 Pertolongan Pertama (keterampilan P3K) atas nama:

  1. Unaisa Rahmawati (X IPA 2)
  2. Amilna Ulinnuha Hidayat (X IPA 1)
  3. Shaffa Aprilia Amanda P. (X IPA 3)

Juara 3 diraih oleh SMA Negeri 3 Semarang. Untuk cabang lainnya LCC, juara 1 SMA Negeri 2 Yogyakarta, juara 2 SMA Negeri 11 Yogyakarta, juara 3 SMA Negeri 4 Yogyakarta. Lomba poster juara 1 SMA Negeri 8 Yogyakarta, juara 2 SMA Negeri 7 Yogyakarta, dan juara 3 SMA Pangudi Luhur Sedayu Bantul.

SMA Negeri 3 Yogyakarta juga berhasil keluar sebagai Juara Umum Panateen 2016.

 

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *