Persiapan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2016

OPSI singkatan dari Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia adalah ajang kompetisi penelitian ilmiah yang diselenggarakan setiap tahun bagi soswa SMA/ se-derajat, baik berupa karya tulis maupun temuan. Tahun 2016 ini merupakan tahun ke 8 bagi Direktorat Pembinaan menyelenggarakan OPSI. Tahun ini bidang OPSI dibagi menjadi 3, yaitu: Sains dan Teknologi, Matematika dan Rekayasa, serta Ilmu Sosial dan Humaniora.

Seperti tahun tahun sebelumnya siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta kembali mendaftar dalam ajang tersebut. Dan dari beberapa proposal yang diajukan sebelum batas waktu bulan Agustus lalu, terpilihlah proposal yang lolos tahap satu, diantaranya terdapat judul penelitian milik siswa siswi SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Seluruh finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2016 termasuk finalis dari SMA Negeri 3 Yogyakarta mengikuti pembinaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Sagasitas. Sagasitas adalah sebuah komunitas yang berkonsentrasi dalam pengembangan dan pembimbingan penelitian siswa SMA/MA di DIY. Anggota sagasitas terdiri dari para alumni atau mantan juara dalam ajang kompetisi yang sama.

Lima kelompok dari SMA Negeri 3 Yogyakarta berhasil lolos tahap pertama dan mengikuti pembinaan dari Sagasitas tersebut. Salah satu finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2016 dari SMA Negeri 3 Yogyakarta adalah Holy Rhema, Holy adalah satu satunya peserta dari SMA Negeri 3 Yogyakarta yang duduk dibangku kelas XI. Sagasitas memberikan beberapa kegiatan seperti klinik sains yaitu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa SMA/MA untuk melakukan penelitian dalam berbagai bidang keilmuan berdasarkan latar belakang lingkungan terdekat siswa. Ada juga Gladhi Penelitian Ilmiah Remaja (GPIR) adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kedalaman pemahaman tentang kegiatan penelitian bagi siswa SMA/MA di DIY. Selain kedua kegiatan tersebut ada juga research exhibition adalah pemeran hasil penelitian siswa SMA/MA di DIY yang sudah di bina dalam klinik sains dan atau Gladhi Penelitian Ilmiah Remaja (GPIR) bertujuan untuk memberikan kesempatan siswa menerima masukan kritik dan saran dari masyarakat.

 

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *