Peran Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak

Masa tumbuh kembang anak adalah masa dimana orangtua berperan penting di dalamnya. Tidak hanya pendidikan oleh Ibu, pendidikan oleh Ayah pun tak kalah penting dalam masa tumbuh kembang anak. Kesibukan Ayah dalam bekerja tidak boleh menjadi penghalang dalam menuntun anak di masa tumbuh kembangnya. Berikut ini adalah peran seorang ayah dalam tumbuh kembang anak.

Kedisiplinan

Kedisiplinan harus dibangun semenjak dini. Dalam hal ini, peran ayah adalah yang paling tepat. Ketegasan yang diterapkan kepada anak akan menjadikan anak lebih disiplin. Anak pun akan mengerti apa itu rasa bertanggung jawab baik dalam hal sekolah ataupun urusan di rumah. Seperti mengerjakan pr, membantu Ibu, belajar, dan lain sebagainya.

Kecerdasan Emosional

Ayah yang baik dalam mendidik anaknya dapat menumbuhkan kecerdasan emosional yang baik pula. Penelitian pun membuktikan bahwa ayah yang baik dalam mendidik dapat menghasilkan anak yang memiliki tingkat stress yang rendah dalam menghadapi masalah, lebih berani, dan tidak agresif. Anak pun dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik karena melihat model seorang ayah yang baik pula.

Kepemimpinan

Ayah dapat menjadi contoh yang baik bagi si Anak dalam hal kepepemimpinan di lingkup yang kecil. Hal ini dapat menjadi contoh bagi anak seperti dalam mengambil keputusan dalam masalah tertentu, menyikapi situasi tertentu, dan yang paling penting bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik. Karena tentunya setiap Ayah adalah pemimpin yang baik bagi setiap keluarga.

Hal – hal diatas merupakan sebagian kecil peran Ayah dalam tumbuh kembang anak. Masih banyak lagi peran Ayah yang belum dicantumkan. Maka dari itu, kesibukan Ayah tidak boleh menjadi penghalang dalam mendidik anak pada masa pertumbuhan. Sempatkanlah waktu untuk sekedar bermain, mengobrol, atau berlibur bersama. Jika dihalangi oleh kesibukan, manfaatkanlah waktu luang saat bekerja untuk sekedar menelfon atau facetime menggunakan skype atau aplikasi lainnya. Karena kedekatan ayah dengan anak adalah salah satu cerminan anak saat sudah dewasa nanti. Bagaimana kita berperilaku, adalah cerminan anak kita nanti.

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *