Pengukuhan Duta Museum Penerangan

Pada kunjungan dan pertemuan dengan Museum Penerangan (Muspen) dalam rangkaian acara Museum Goes to School yang lalu Kamis, 19 Mei 2016 di Ruang Ava SMA Negeri 3 Yogyakarta, telah terpilih tiga calon Duta Museum Penerangan dari SMA Negeri 3 Yogyakarta. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 71 (Rabu, 17 Agustus 2016), ketiga siswa tersebut mewakili SMA Negeri 3 Yogyakarta bersama dengan calon duta daerah Yogyakarta perwakilan sekolah lain, seperti SMA Negeri 9 Yogyakarta, berangkat menuju Jakarta menggunakan bus. Sebelum menuju Jakarta, mereka singgah sebentar di kota Semarang untuk menjemput calon Duta Museum Penerangan perwakilan daerah Semarang. Kegiatan pada hari pertama (Kamis, 18 Agustus 2016) diisi dengan seminar. Pada hari kedua (Jumat, 19 Agustus 2016) kegiatan diisi dengan outbound.

Tepat tanggal 20 Agustus 2016, hari Sabtu pengukuhan dilaksanakan. Ketiga siswa dari SMA Negeri 3 Yogyakarta, yaitu Aya Natalia dari kelas XII IPS, Jessica Astrid Kartika dari kelas XI IPA 1, dan Muhammad Reski Waluya dari kelas XI IPA 1 telah resmi dikukuhkan menjadi Duta Museum Penerangan. Bersama dengan perwakilan duta dari berbagai daerah, mereka dikukuhkan sebagai Duta Museum Penerangan generasi keempat.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika. Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Museum Penerangan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Duta museum adalah salah satu bentuk tujuan Museum Penerangan untuk menjadi museum yang aktif untuk memperkenalkan Museum Penerangan kepada masyarakat Indonesia, mengajak dan menyadarkan masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda sebagai generasi penerus bangsa untuk melestarikan museum, salah satunya dengan cara berkunjung ke Museum Penerangan serta menghidupkan lima unsur penerang. Apa aja sih kelima unsur penerang itu? Kelima unsur penerang bisa dilihat di Museum Penerangan, langsung aja kunjungi Museum Penerangan yang terletak di Jalan Pintu II Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pondok Gede, Jakarta Timur. Museum Penerangan, museum dihatiku! Nggak ke museum, nggak keren!

Penulis: Amalia Ramadhani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *