Pengenalan Lingkungan Sekolah Hari Ke-1

Hari Senin, tanggal 18 Juli 2016 adalah hari pertama masuk sekolah bagi siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta setelah masa libur panjang telah usai. Bagi siswa baru, hari Senin tanggal 18 Juli 2016 adalah hari pertama masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), karena Maa Orientasi Siswa (MOS) yang sejak dulu biasa diterapkan, telah tergantikan berdasarkam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016.

Sudah mengenakan seragam putih abu-abu, para siswa baru memasuki kelas masing-masing menggunakan papan nama yang telah dibuat. Pukul setengah tujuh siswa kelas X sudah berada di kelas masing-masing. Sekitar pukul 7.15 hampir seluruh warga SMA Negeri 3 Yogyakarta berkumpul di lapangan tengah untuk melaksanakan upacara, ibu Dra. Dwi Rini Wulandari,MM selaku kepala SMA Negeri 3 Yogyakarta menjadi pembina upacara. Setelah upacara selesai, Bapak Drs. Agus Santoso selaku wakil kepala sekolah bidang humas dan guru sosiologi SMA Negeri 3 Yogyakarta memperkenalkan satu persatu guru dan karyawan dan disambut riuh dan meriah terutama siswa kelas XII.

Kemudian acara selanjutnya diisi dengan syawalan antara siswa, karyawan, dan guru. Para siswa dan guru membuat barisan panjang dari lapangan tengah, memutari deret kimia, biologi hingga kembali lagi ke lapangan tengah, bersalam-salaman maupun saling memberi semangat. Jadwal selanjutnya dilaksanakan di Ruang Argabagya dan diisi dengan materi-materi seperti Bimbingan Konseling (BK), materi kurikulum oleh Bapak Ichwan Aryana, SPd, MPd, Si selaku wakilkepala sekolah bidang kurikulum, materi kesiswaan oleh Bapak Sumaryoto, SPd, MPd selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, materi humas oleh Bapak Drs. Agus Santoso, materi sarana dan prasarana oleh Bapak Agus Tri Wijana, MM selaku wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, dan materi Tata Usaha (TU). Kemudian, beberapa perwakilan dari siswa kelas X diminta untuk berlatih sebagai petugas upacara. Pengenalan Lingkungan Sekolah hari Senin, tanggal 18 Juli 2016 diakhiri pada pukul dua siang. Pembelajaran kelas XI dan XII belum efektif.

 

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *