Pembekalan OSIS/PK Berbasis Pendidikan Nasional

Senin (3/10) yang lalu pihak guru dan pembimbing SMA Negeri 3 Yogyakarta memberikan pembekalan untuk pengurus  OSIS/PK masa jabatan 2016/2017, yang sebelumnya pada Sabtu (1/10) telah dilakukan serah terima jabatan baik OSIS maupun MPK (Majelis Perwakilan Kelas) di Aula SMA Negeri 3 Yogyakarta pada sore hari. Pembekalan ini dilakukan di Ruang AVA SMA Negeri 3, dimulai pada pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

Pembekalan ini diisi oleh beberapa guru SMA Negeri 3 Yogyakarta diantaranya Bapak Agus Santosa dan Bapak Ichwan. Juga didampingi oleh Bapak Sumaryoto S, Pd. selaku wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, Ibu Lilik, Ibu Wulan, Bapak Rudy dan Bapak Yuni sebagai pendokumentasi acara. Pembekalan ini bertujuan untuk memberi wawasan tambahan tentang keorganisasian berbasis Sistem Pendidikan Nasional sesuai dengan UU No. 20 tahun 2003 yang diperuntukkan bagi pengurus OSIS/PK masa jabatan baru, periode 2016/2017.

Bapak Agus Santosa dan Bapak Ichwan menjelaskan bahwa program kerja dari OSIS/PK ini harus berkesinambungan dengan isi dari UU No. 20 tahun 2003 yaitu memuat salah satu diantaranya Pendidikan Anti Korupsi, Pendidikan Lingkungan Hidup, Pendidikan Etika Berlalu Lintas, Pendidikan Karakter, Pendidikan Berbasis Budaya, Pendidikan Kepemimpinan. Juga, jika program kerja yang terkait sudah tidak efektif lagi untuk dijalankan, sebaiknya untuk dihapuskan dari daftar program kerja bidang tersebut sehingga tidak ada program kerja yang baik secara finansial rugi atau tidak terjalankan.

Pada pembekalan ini juga dijelaskan mengenai status SMA Negeri 3 sebagai sekolah rujukan di Kota Yogyakarta berdasarkan Surat Direktur Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 1805/D4/TU/2016 pada tanggal 10 Juni 2016 dan statusnya sebagai “School of Leadership”. Berkaitan dengan hal ini, diharapkan OSIS/PK masa jabatan 2016/2017, yang juga kebetulan sebagai angkatan yang memanitiai Lustrum Padmanaba, dapat berkontribusi dengan baik pada masa jabatannya. Sehingga sebagai ‘motor’ SMA Negeri 3 Yogyakarta bisa menjadi tauladan yang baik dan menjadi garda terdepan pembangunan Padmanaba dan bangsa Indonesia.

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *