PEDeS Raup Sukses di UAJY Interfest 2016

Lagi dan lagi, SMA Negeri 3 Padmanaba berhasil melebarkan namanya ke dalam ajang – ajang perlombaan. Kali ini Padmanaba English and Debating Society (PEDeS) berhasil meraih dua kejuaraan dalam Story Telling Competition yang diselenggarakan oleh Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dalam UAJY Interfest 2016 pada Sabtu (5/11) yang lalu mulai pukul sembilan pagi hingga duabelas siang. PEDeS adalah salah satu ekstrakurikuler yang aktif dalam berbagai lomba kesastraan bahasa inggris maupun bahasa indonesia dan kerap kali mengukir prestasi membawa pulang piala kejuaraan.

Dalam Story Telling Competition UAJY Interfest 2016, dua delegasi PEDeS SMA Negeri 3 atas nama Ignatia Kartika P I dari kelas XI IPS berhasil meraih juara pertama dan Hanifa Nabila Wismadi dari kelas X IPA 3 berhasil meraih juara kedua. Story Telling Competition ini merupakan perlombaan tingkat kota yang diikuti oleh banyak peserta SMA. Ignatia Kartika P I yang akrab disapa Tika bercerita, bahwa waktu untuk mempersiapkan lomba ini tidak cukup banyak. Mulai dari menyiapkan teks cerita yang diadaptasi dari cerita luar, hingga menyiapkan properti yang mendukung dari cerita tersebut. Story Telling Competition ini dibawakan selama tujuh menit, lalu direkap dan ditentukan juaranya. Sistem penilaian dan pemenang pun terdapat dua macam yaitu penilaian juri dan penilaian melalui instagram yang terdapat di akun UAJY Interfest 2016 dan didapatlah dua siswi dari SMA Negeri 3 Padmanaba yang berhasil menjadi pemenangnya.

Tika juga menceritakan bahwa tujuannya mengikuti lomba ini adalah bukan untuk meraih kemenangan atau piala, namun dengan melalui story telling, ia dapat menghibur orang lain. Dengan berani Hanifiana dan Ignatia Kartika menampilkan cerita yang telah dipersiapkannya dan berhasil meraih kejuaraan. Hal ini dapat menjadi semangat bagi siswa – siswi yang lain untuk terus berusaha dan dapat berprestasi lagi. Tidak harus memenangkan sebuah perlombaan, belajar dengan giat dan mampu mengharumkan nama Padmanaba esok hari adalah bukti nyata rasa cinta dan bangganya kepada SMA Negeri 3 Padmanaba.

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *