Padmanaba Science Tech Week 2016

Pekan Peringatan Hari Padmanaba (PPHP) ke 74 menghadirkan tiga rangkaian kegiatan. Selain Padmanaba Day, rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Padmamaba Science Tech Week kepanjangan dari PSTW.

Padmanaba Science Tech Week (PSTW) adalah sebuah rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Tahun ini PSTW mencakup tiga rangkaian acara yaitu, Padmanaba Science Competition (PSC), Padmanaba Water Rocket Competition (PWRC), dan Faculty Fair.

Padmanaba Science Competition (PSC) ialah sebuah ajang kompetisi sains yang ditujukan untuk anak SMP/ se-derajat. PSC terdiri dari dua babak, babak penyisihan dan babak final. Di babak penyisihan setiap tim yang terdiri dari 3 orang peserta mengerjakan 100 soal yang terdiri dari pelajaran Kimia, Matematika, Fisika, Biologi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta pengetahuan umum. 10 tim terbaik akan maju ke babak final.

Padmanaba Water Rocket Competition (PWRC) adalah sebuah kompetisi bagi siswa SMP/ se-derajat membuat dan menerbangkan roket air. Setiap tim yang terdiri dari dua orang menerbangkan roket air yang telah dirangkai agar mengenai target yang telah disediakan. Bersama dengan babak penyisihan PSC, PWRC dilaksanakan di SMA Negeri 3 Yogyakarta hari Sabtu, 6 November 2016.

Selain PSC dan PWRC, kegiatan berikutnya adalah Faculty Fair. Faculty Fair adalah pameran fakultas yang ditujukan untuk umum, khususnya untuk membantu siswa SMA kelas XII dalam memantabkan jurusan yang akan dipilih. Delapan puluh jurusan Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Cukup membayar tiket pre-sale sebesar Rp 6.000, bisa masuk dan mempelajari jurusan yang akan dituju, tiket on the spot dijual seharga Rp 8.000. Faculty Fair diselenggarakan pada hari Sabtu – Minggu, 12 – 13 November 2016 di gedung Mandala Bhakti Wanitatama.

Untuk pendaftaran PSC dan PWRC sudah dibuka sejak Senin tanggal 3 Oktober 2016 dan akan ditutup tanggal 27 Oktober 2016. Sedangkan tiket untuk Faculty Fair sudah dibuka sejak hari Selasa, 4 Oktober 2016 di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Tak tanggung-tanggung hadiah yang diberikan bagi para pemenang PSC dan PWRC tidak sedikit.

 

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *