Padmanaba Raih Prestasi dalam Final OPSI 2016

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia atau yang biasa disingkat OPSI adalah sebuah ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan untuk siswa SMA/ se-derajat di seluruh Indonesia baik berupa temuan maupun penelitian. Di OPSI ( Olimpiade Penelitian Siswa Nasional) yang digelar untuk ke delapan kalinya di tahun 2016 ini, SMA Negeri 3 Yogyakarta kembali mengirimkan beberapa penelitian dan temuan untuk ikut berkompetisi.

Setelah melewati beberapa tahap, terpilihlah beberapa penelitian maupun temuan siswa SMA/ se-derajat yang masuk ke tahap final OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) termasuk tim dari SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pak Didik Purwaka, SPd selaku guru biologi SMA Negeri 3 Yogyakarta turut serta mendampingi peserta OPSI SMA Negeri 3 Yogyakarta.

OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Nasional) berlangsung selama enam hari, dimulai pada hari Minggu, tanggal 2 Oktober 2016 hingga Jumat, 7 Oktober 2016. Kegiatan diawali dengan technical meeting. Sebelum diadakan upacara pembukaan, para peserta berkunjung ke Pabrik PT. Kalbe Morinaga Indonesia dan mempersiapkan pameran penelitian. Pada hari Selasa, 4 Oktober 2016 digelar upacara pembukaan OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) dan dilanjutkan pameran penelitian. Kegiatan ini dilaksanakan di Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L), sebuah institusi pendidikan dan penelitian yang didedikasikan untuk penyelenggaraan pendidikan dan penelitian berkualitas yang terletak di Jalan Pulomas Barat, Kav. 88, Jakarta Timur. Para finalis memamerkan hasil penelitian atau temuan mereka dimasing masing booth yang telah disediakan, saat kegiatan pameran penelitian seluruh finalis mengenakan pakaian adat. Pada hari Rabu, 5 Oktober 2016, kegiatan diisi dengan presentasi penelitian. Workshop komersalisasi dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Oktober 2016 dan dilanjutkan dengan upacara penutupan.

Pada OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) tahun 2016 ini, SMA Negeri 3 Yogyakarta kembali menorehkan prestasi, berupa dua medali perunggu atas nama Athisa dan Lorensa Nurjannah bidang sosial dan humaniora serta Holy Rhema dalam bidang sains dan teknologi. SMA Negeri 3 Yogyakarta juga berhasil meraih sebuah medali perak atas nama Ilham dan Henoc dalam bidang matematika.

 

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *