Padmanaba Menjadi Salah Satu Finalis di L’Oréal Girls in Science

Tiga perwakilan dari Padmanaba dalam lomba penelitian L’Oréal Girls in Science telah berhasil memasuki semifinal. Tiga siswi ini adalah Holy Rhema S, Gabriela Denisse A, dan juga Hasdhyan Larasati G dari Padmanaba 73. Pada tahap awal ini, tiga siswi diatas membuat sebuah video dokumentasi tentang bank sampah yang terdapat di Bantul dengan judul “Bank Sampah-Ubah Sampah Jadi Berkah” yang berhasil membawa mereka ke semifinal dan masih bersaing dengan banyak peserta lainnya. Penilaian pemenang dari video ini berasal dari jumlah like yang ada di beranda facebook L’Oréal Girls in Science ID. Dan hadian dari lomba ini pun tak tanggung – tanggung, jika ‘likers’ dari video mereka  mencapai yang terbanyak, perwakilan dari Padmanaba pun berhak mendapatkan tabungan sebanyak Rp 4 juta. Setelah itu final dari lomba ini akan diadakan di Jakarta 28 Juli 2016 mendatang.

Berbeda dengan video dokumentasi mereka, dalam lomba yang bertema waste recovery atau pemanfaatan sampah menjadi hal yang bermanfaat ini, tiga siswi Padmanaba ini  membuat Teroplof (Water Filtration Plastik Roof) yaitu genteng yang terbuat dari plastik bekas, contohnya botol plastik minuman kemasan, yang lalu genteng ini dapat menyaring air hujan menjadi air bersih dan dapat dimanfaatkan sebagai penyimpanan air untuk kegiatan sehari – hari, yaitu mck. Dibimbing oleh salah satu guru di Padmanaba yaitu Pak Didik, tiga siswi ini bersama – sama dalam mempersiapkan segalanya sampai tanggal 28 Juli 2016 mendatang.

“Persiapan kita sampai sekarang sih baru konsultasi – konsultasi sama Pak Didik dan kesulitan – kesulitan gitu belum ada. Harapan kami sih semoga bisa mendapat yang terbaik buat lomba nanti. Dan untuk temen – temen yang lainnya jangan mudah menyerah dan tetap berkarya untuk kalian dan Padmanaba,” jelas Denisse, salah satu finalis dari Padmanaba ini.

L’Oréal Girls in Science adalah lomba setingkat nasional bagi siswi Sekolah Menengah Atas yang diadakan oleh brand ternama, L’Oréal. Tentunya lomba ini bergerak dalam bidang pendidikan terutama dalam bidang sains. Tujuan lomba ini adalah untuk memperkenalkan sains sebagai bidang yang asyik dan menyenangkan. Sebagai wanita muda di Indonesia tentunya di era ini wanita juga harus berkembang khususnya dalam bidang sains. Diharapkan, khususnya bagi wanita – wanita muda Indonesia, bisa mendapat inspirasi dalam mengembangkan minat dan bakatnya terutama dalam hal sains.

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *