MSQ Melaju ke NTB pada Juli Mendatang

Dimulai dari Lomba MTQ Umum tingkat Kabupaten yang diadakan akhir tahun 2015, Annisa Larasati Pranadita dari kelas XI IPA 3 (SMA N 3 Yogyakarta), Dina Arifka (SMA N 3 Yogyakarta), dari kelas X IPS, dan Muftikhatul Muna dari SMA 2 Bantul maju sebagai satu  tim mewakili Kecamatan Berbah. Seharusnya setiap kecamatan mengadakan seleksi untuk mendapat tim yang mampu mewakili kecamatannya, namun Kecamatan Berbah tidak mengadakan seleksi. Tim ini dibentuk dari seorang Ustadz kenalan Dina yang menggabungkan mereka menjadi satu tim. Diakui Dina persiapan yang dilakukan hanya satu hari sebelum perlombaan, ia dan rekan satu tim menerima materi malam hari sebelum perlombaan. Mereka berlatih di rumah masing-masing, dan beberapa jam sebelum lomba mereka menyempatkan untuk berlatih secara tim. Dan mereka berhasil keluar sebagai Juara 1 MSQ tingkat Kabupaten Sleman.

Tahap selanjutnya, mewakili Kabupaten Sleman Laras, Dina, dan Muna mengikuti Lomba MTQ Umum untuk tingkat Provinsi DIY. Mereka mengaku beruntung, karena tim tidak diacak. Dina berkata bahwa persiapan lomba kali ini luar biasa, mereka mengikuti beberapa kali pembinaan dan seharusnya mereka membuat tiga teks namun pada akhirnya setelah bernegosiasi mereka hanya membuat satu teks. Mereka juga mengaku bahwa mereka merasa gugup saat lomba berlangsung. Lomba ini diadakan oleh Kementrian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, dan lomba tersebut diselenggarakan di daerah Kabupaten Gunungkidul. Beberapa jam sebelum pengumuman, Dina menceritakan bahwa timnya mendapat sebuah kabar burung jika mereka mendapat posisi kedua. Namun ternyata, tim dengan nomor undian dua (Tim Laras, Dina, dan Muna) kembali meraih Juara 1 MSQ dalam MTQ Umum tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelum maju ke tingkat nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta yang rencananya akan diadakan di Nusa Tenggaran Barat bulan Juli mendatang, akan diadakan pembinaan dan kemudian seleksi perorangan dari tim yang meraih juara pertama, kedua, dan ketiga. Semoga mereka mendapat hasil yang terbaik!

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *