Momen yang Membuat Rindu Ramadhan

Satu bulan sudah umat Islam menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan.  Selama satu bulan itu pun banyak momen – momen yang terjadi dan pastinya momen ini adalah momen yang membuat sebagian orang rindu akan indahnya bulan Ramadhan. Selain berpuasa dan beribadah sholat tarawih, bulan Ramadhan juga dijadikan ajang untuk berpulang kampung dan bertemu menikmati waktu bersama sanak saudara. Sehingga kerinduan akan bulan Ramadhan semakin membekas dalam ingatan.

Buka Bersama

Bulan Ramadhan ini menjadi salah satu momen dimana umat muslim dapat menikmati buka bersama keluarga maupun teman – teman. Ajang ini pun dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengadakan buka bersama. Mulai dari keluarga di rumah, keluarga yang berbeda kota, ataupun teman – teman lama. Apalagi bagi yang jarang untuk bertemu, seperti teman – teman lama. Kegiatan buka bersama juga bisa dijadikan ajang temu kangen setelah lama tidak bertemu.

Pasar Kuliner

Semakin menjamurnya pasar kuliner menjadi trademark tersendiri saat bulan Ramadhan tiba. Selain menjadi tempat mencari takjil, juga keuntungan bagi para penjual dalam menjajakan makanannya. Biasanya, pasar kuliner ini sangat disenangi terutama oleh anak – anak muda. Selain untuk mencari bahan berbuka, juga untuk tempat nongkrong menunggu waktu buka tiba.

Sahur dan Sholat Tarawih

Mungkin hal ini kadang yang menjadikan beberapa orang rindu dengan bulan Ramadhan. Saat malam tiba, sholat tarawihlah yang biasanya dilakukan dan keesokan paginya kita bangun pagi – pagi untuk melakukan makan sahur. Yakin tidak rindu dengan momen ini?

Pulang Kampung

Hal yang satu ini adalah yang paling ditunggu dan dinantikan saat bulan Ramadhan menjelang lebaran tiba. Siapa yang tidak ingin untuk bertemu sanak saudara, apalagi yang berbeda kota? Bagi beberapa orang yang mengikuti tradisi ini, jelas hal tersebut yang dinantikan. Sembari membawa oleh – oleh untuk saudara di kampung tentunya hal yang membuat hati senang.

Masih banyak lagi hal yang membuat bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dirindukan. Selain hanya berlangsung selama kurang lebih satu bulan dalam satu tahun, momen – momen yang jarang terjadi juga membuat hati kita rindu. Momen apa yang membuat anda rindu bulan Ramadhan?

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *