Mencegah Permasalahan Eating Disorder

Menurut sebuah sumber, webkesehatan.com eating disorders (kelainan/gangguan pola makan) adalah perilaku tidak normal terhadap makanan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan. Eating disorders bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, umumnya lebih banyak diidap oleh wanita.

Berikut inu beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mencegah kelainan/gangguan pola makan:

Lebih mencintai diri sendiri

Salah satu faktor yang mampu menyebabkan timbulnya permasalahan eating disorder adalah faktor psikologis yaitu kurangnya rasa percaya diri. Jangan membandingan bentuk tubuh Anda dengan orang lain ataupun para model yang ada di layar kaca karena akan membuat Anda tertekan. Lebih baik lebih mementingkan kesehatan dan kebutuhan tubuh dari pada mementingkan angka berat badan.

Buka komunikasi dengan orang terdekat

Berbicara dengan seseorang yang Anda percayai dapat membantu dalam mencegah terkena kelainan/gangguan pola makan. Dengan membuka komunikasi dan tidak menarik diri, sahabat maupun keluarga Anda tersebut dapat membantu Anda.

Berolahraga atau aktivitas fisik

Dengan olahraga, Anda bisa mengurangi berat badan, mengurangi stress, dan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tak perlu olahraga berat, Anda bisa memilih olahraga rutin ringan misalnya bersepeda maupun jogging di area sekitar rumah.

Membiasakan diri untuk makan tepat waktu

Jangan memperpanjang jarak makan karena akan membuat Anda makan secara berlebihan tidak sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Makan teratur tidak akan membuat gemuk, pada kenyataannya orang mengalami kegemukan karena menahan napsu makan sehingga begitu makan ia akan makan secara berlebihan, makan teratur dapat mencegah hal tersebut.

Konsultasikan pada ahlinya

Apabila terdapat gejala kelainan/gangguan pola makan dan sulit untuk diatasi sendiri, lebih baik berkonsultasi pada ahlinya

Memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang ideal memang diidamkan oleh kebanyakan orang, khususnya kaum hawa. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut banyak orang menggunakan cara yang kurang tepat karena ingin dalam waktu yang singkat dan instan, sehingga pada akhirnya mereka kurang memperhatikan kesehatan mereka masing-masing.

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *