Mencegah Mata Agar Terhindar dari Rabun Jauh

Mata minus atau rabun jauh dalam dunia medis dikenal dengan nama miopia. Gangguan ini dapat menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat suatu objek dengan normal, terutama objek jarak jauh. Mata minus selalu ditandai dengan pandangan mata kabur untuk semua objek dengan jarak jauh. Jika anda memiliki anak-anak yang masuk sekolah atau baru masuk sekolah maka bisa meminta anak membaca atau melihat sebuah benda dengan jarak tertentu dalam ruangan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah mata minus, berikut diantaranya:

  1. Lepas kacamata bila tidak diperlukan

Terlalu sering menggunakan kacamata dapat membuat mata menjadi ketergantungan. Otot mata menjadi kaku karena terbiasa melihat melalui bagian tengah kacamata. Menggunakan kaca mata dalam jangka waktu uang lama, akan membuat mata kesulitan untuk menemukan titik fokusnya sendiri.

  1. Konsumsi makanan bernutrisi

Semua jenis nutrisi yang bisa meningkatkan atau mempertahankan kolegan dalam mata sangat baik untuk melindungi mata dari mata minus. Makanan tersebut misalnya wortel, ikan salmon, kol, bayam, dan telur.

  1. Hindari menatap layar dengan jarak dekat atau dalam waktu yang lama

Hindari kebiasaan buruk seperti saat membaca, menonton tv, main video game, menatap layar komputer, maupun aktivitas lainnya dengan jarak yang dekat. Usahakan memberikan jarak minimal 30 cm. Apabila pekerjaan menuntut Anda untuk sering menatap layar komputer/ laptop, biasakan untuk memberi waktu agar mata dapat beristirahat sejak misalnya dengan menatap kejauhan. Jangan membaca di tempat gelap atau dalam posisi tidur.

  1. Lakukan senam mata

Agar otot mata menjadi lebih lentur dan elastis, Anda dapat melakukan senam mata. Senam mata bisa dilakukan dengan cara memfokuskan mata dari benda dekat maupun jauh, selain itu bisa juga dengan menggerakkan bola mata ke atas, bawah, kanan, maupun kiri.

Demikian beberapa hal sederhana dan mudah yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah rabun jauh karena mata merupakan aset penting yang harus dijaga agar tetap dalam kondisi sehat.

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *