Lagi, PeDES Mengukir Prestasi

Padmanaba English and Debating Society (PeDes) kembali menorehkan namanya di kancah perlombaan bertaraf setingkat nasional. Setelah berperang dalam Debate and English competition Asian Law Students Association (ALSA)  local chapter di Universitas Padjajaran (UnPad) di Bandung, perwakilan dari Padmanaba membawa pulang sejumlah kejuaraan. Perlombaan ini pun juga salah satu lomba bahasa inggris yang bergengsi karena banyak perwakilan dari beberapa daerah selain dari Jogjakarta. Lomba ini diadakan selama 4 hari pada tanggal 26 sampai 29 Februari 2016 .

Perwakilan ini adalah wakil dari Padmanaba, yaitu Padmanaba 72 dan Padmanaba 73. Dengan rincian pemenang yaitu, Andrea Anindyanari Wibowo sebagai pemenang  kedua paper presentation, Afiya Nadhifah Syarif sebagai pemenang pertama spelling bee, kelompok debat dengan nama anggota Tantri Juliana, Herdifitrianne Saintissa Yanuaristi, dan Pradipta Khairani menjuarai peringkat pertama debate competition, dan juga Tantri Juliana sebagai best speaker. Pelatihan para perwakilan Padmanaba ini pun tidak hanya dari peserta masing – masing, juga terdapat alumni yang membimbing. Sehingga dapat saling bercerita dan berbagi pengalaman tentang perlombaan tersebut.

Persiapan ini tidak hanya berlatih intonasi, lafal, dan tata krama saat maju. Tetapi juga membaca peraturan perlombaan dari ALSA debate and english competition tahun lalu, melihat video, dan memahami isi dari tema yang diambil.

“Kalau dari saya sendiri awalnya memahami dulu apa sih paper presentation itu, lalu begitu rule tahun ini keluar saya mulai mempersiapkan tema, mencari referensi, berlatih, dan menghafalkan isi dari tema yang saya ambil. Kesan saya sama lomba ini sih yang tentunya menambah wawasan banget dan pengalaman baru berkompetisi tidak hanya dari Jogjakarta sendiri tetapi juga dari daerah luar Jogjakarta,” cerita Anin salah satu perwakilan dari Padmanaba.

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *