Kunjungan Chiba University di SMA Negeri 3 Yogyakarta

Chiba University adalah universitas nasional di kota Chiba, Jepang. Ditahun ketiganya berkunjung di SMA 3 Yogyakarta kali ini, Chiba University mengirimkan sekitar 10 orangnya untuk praktek mengajar. Yaitu 8 mahasiswa dan 2 asisten profesor atau profesor.

Awalnya Chiba University ini bekerja sama dengan salah satu universitas di Yogyakarta. Yang kemudian dilibatkannya dua sekolah menengah atas, yaitu SMA 3 Yogyakarta dan SMA 6 Yogyakarta. Mereka berasal dari fakultas keguruan di Chiba University. Dan membutuhkan media berupa siswa untuk melakukan praktek mengajar. Para mahasiswa tersebut mengajarkan beberapa materi yang berkaitan dengan teknologi. Contohnya yaitu proses pembuatan LCD dan cara mengetahui DNA.

Dengan didampingi oleh guru pendamping yaitu Bapak Heru, guru bahasa inggris, dan Sensei Wulan beserta penutur dari Jepang yaitu Mbak Shiori, para mahasiswa ini didampingi dan ditemani dalam mengeksplor lingkungan di SMA 3 Yogyakarta. Ada juga beberapa siswa yang diajak bekerjasama untuk menjadi media ajar. Selain khusus untuk para siswa yang mendaftar di peminatan bahasa Jepang, juga terbuka untuk siswa yang lain yang ingin mengobrol atau mungkin berbagi cerita. Para siswa pun sangat senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Karena selain penyampaian yang menarik, juga bisa bertemu langsung dengan orang – orang yang berasal dari luar Indonesia, yaitu Jepang.

Menurut Bapak Heru, selain untuk media pembelajaran, kunjungan dari Chiba University ini banyak sekali manfaatnya. Kita juga bisa dapat mengenal budaya dari negeri orang yang terkenal dengan kehebatan dan kecerdasan teknologinya, menjalin networking dalam kehidupan, dan bagi para siswa ataupun juga guru bisa mendapat rujukan perguruan tinggi. Manfaat secara khusus bagi para peminatan Jepang adalah bisa berinteraksi secara langsung dengan orang – orang asli Jepang dan juga berbagi tentang budaya Jepang. Selain itu juga ada manfaat bagi para guru yang dapat dipetik positifnya dan menjadi self improvement agar bisa mengajar secara efektif dan tidak terpaku pada cara ajar lama yang mungkin dirasakan agak kurang tepat jika diaplikasikan pada zaman sekarang ini. Dan juga manfaat bagi sekolah yang bisa menaikkan kredibilitas nama sekolah, sebagai media publikasi, dan prestasi. Diharapkan dengan kunjungan dari Chiba University ini, SMA 3 Yogyakarta dapat banyak peluang dan bisa lebih mengembangkan potensinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *