Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicoba

Berkunjung ke Jogja tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Jogja punya sederet tempat wisata kuliner yang bisa memanjakan lidah mulai dari makanan tradisional sampai makanan dengan menu western. Harganya pun bervariasi, Anda bisa memilih tempat wisata kuliner dengan harga murah meriah serta terjangkau atau tempat wisata kuliner dengan harga mahal.

Butuh waktu berhari-hari untuk menjelajahi tempat wisata kuliner Yogyakarta. Untuk mempermudah menentukan pilihan tempat wisata kuliner, berikut ini daftar tempat wisata kuliner khas Jogja yang wajib dikunjungi.

  1. Entok Slenget

Bagi penikmat kuliner pedas, entok slenget bisa menjadi salah satu pilihan. Warung sederhana yang terletak di Pasar Pules, Dusun Pules Lor, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, menjajakan olahan daging entok dengan rasa pedas yang bisa disesuaikan dengan selera pelanggan. Untuk setiap porsi entok slenget yang sudah termasuk nasi dan minumnya dihargai Rp 20.000.

  1. Angkringan Lek Man

Angkringan ini terletak di sisi utara stasiun Tugu, tak jauh dari Malioboro. Minuman khas nan unik angkringan ini adalah kopi jos yaitu minuman kopi hitam yang diberi arang yang masih membara. Seperti angkringan pada umumnya, angkringan Lek Man juga menyediakan basi kucing, bermacam-macam gorengan, sate, dan jajanan angkringan lainnya.

  1. Gudeg Permata

Jogja terkenal sebagai kota gudeg. Ada beberapa gudeg yang terkenal salah satunya gudeg permata. Warung gudeg ini terletak di sisi barat bekas gedung bioskop Permata, di Jalan Gajah Mada. Gudeg Permata buka mulai pukul 20.30 – 02.00 WIB. Jika Anda gemar berburu kuliner pada malam hari, Anda bisa mengunjungi gudeg pertama. Warung gudeg pertama tutup pada hari Minggu.

  1. Sate Klathak Pak Jono

Warung sate klathak yang berlokasi di Jalan Imogiri Timur, Wonokromo, Pleret, Bantul wajin dikunjungi bila Anda berkunjung ke Yogyakarta. Menu yang ditawarkan ada sate klathak, sate kambing, tongseng, tengkleng, dan lain-lain. Sate Klathak Pak Jono buka setiap hari mulai pukul 18.30 sampai 03.00 dinihari.

  1. Nasi Merah Gunungkidul

Warung makan sederhana yang terletak di jalan Pekam-Turi, Dusun Mangunan, Desa Harjobinangun, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman ini menyediakan nasi merah (sego abang) dan sayur lodeh cabai hijau (lombok ijo) sebagai menu utamanya ditemani sayur daun singkong, empal goreng, ayam kampung goreng, tahu dan tempe.

Selain kelima daftar tempat kuliner di atas, masih banyak yang tempat wisata kuliner khas Jogja yang wajib dikunjungi.

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *