Kegiatan Siswa Selama Ramadhan

Puasa telah tiba dan tentunya kegiatan yang biasanya kita lakukan akan berkurang intensitasnya. Dengan datangnya bulan yang penuh berkah ini pun kegiatan di sekolah juga tidak terlalu menyibukkan.  Namun di Padmanaba, siswa – siswi muslim mengisi hal ini dengan sesuatu yang bermanfaat dan dapat menjalin ukhuwah sesama muslim selama bulan puasa. Semarak Ramadhan merupakan yang pertama kalinya di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Tentunya penggerak dari acaranya ini adalah SKI – Al Khawarizmi, rohisnya Padmanaba. Tetapi juga dibantu terutama oleh warga muslim di Padmanaba.

Semarak Ramadhan ini akan diadakan Rabu (8/6) mendatang di Lapangan Tengah SMA Negeri 3 Yogyakarta. Terdapat bermacam – macam lomba yaitu diantaranya Cerdas Cermat Agama Islam, Da’i Muda, Kaligrafi, dan Tartil. Selain itu juga terdapat kajian dan buka puasa bersama yang juga diadakan pada hari dan tempat yang sama. Kegiatan ini pun terbuka bagi seluruh Padmanaba 72 dan Padmanaba 73. Selain kegiatan diatas, pengumpulan zakat fitrah pun tetap terbuka selama bulan puasa berlangsung. Sehingga bagi yang bersedia berzakat fitrah akan dibuka kapan saja.

Tujuan dari kegiatan Semarak Ramadhan ini  adalah untuk membangun atmosfer atau suasana Ramadhan yang bersemangat namun khidmat. Serta menggali potensi siswa siswi di Padmanaba di bidang keagamaan Islam. Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi ajakan untuk lebih bertaqwa kepada Allah Yang Maha Esa dan juga dapat menjalin ukhuwah tidak hanya Padmanaba namun juga alumni dan seluruh umat muslim di Padmanaba.

Pada bulan puasa yang penuh berkah ini tentunya siswa – siswi diharapkan untuk tetap menjaga kesehatan mereka dan lebih mengatur waktu mereka dalam berkegiatan. Sehingga dalam menjalankan ibadah puasa tidak terganggu dengan keadaan fisik dan kegiatan pun dapat diganti dengan yang dapat mempertebal keimanan kita.  Selain itu manfaatkan segala waktu yang ada untuk melakukan hal baik dan dapat menambah ketaqwaan kita terhadap Allah Yang Maha Esa, seperti tujuan dari diadakannya kegiatan Semarak Ramadhan diatas. Mari menjalani bulan penuh hikmah ini dengan penuh syukur.

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *