Kahfi, Jawara Catur dari Padmanaba

Muhammad Kahfi Maulana atau yang akrab disapa dengan nama panggilan Kahfi ini adalah salah satu siswa SMA Negeri 3 Padmanaba Yogyakarta. Kahfi, yang saat ini menduduki kelas XII atau Padmanaba 72, telah menorehkan cukup banyak prestasi yang sangat mengagumkan di bidang olahraga catur. Perlombaan tingkat kota maupun tingkat nasional pun sudah pernah ia ikuti dan kali ini ia berhasil menempati peringkat 6 dari 371 peserta dalam kejuaraan catur.

Pada beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 18 – 22 Agustus 2016, Kahfi berhasil menempati peringkat 6 dari 371 peserta dalam International Open Chess Turnament 2016 yang bertajuk Jogja Istimewa yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga di GOR Among Raga, Yogyakarta. Kahfi yang menjadi salah satu andalan Yogyakarta dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Catur Putra ini pun berhasil mengalahkan pecatur yang telah berpredikat master.

Dalam mengahadapi perlombaan, Kahfi tidak memiliki kebiasaan khusus, ia belajar melalui buku – buku tentang olahraga catur, berlatih tanding catur secara online, dan juga berlatih olahraga sebagai latihan fisik. Ia mengaku telah memulai bermain olahraga catur semenjak umur 9 tahun. Selain itu, ia juga pernah menjuarai beberapa kejuaraan diantaranya, juara di Kejuaraan Daerah (Kejurda) dengan perolehan 4 emas, juara di Pekan Olahraga Daerah (Porda) dengan perolehan 2 emas, juara di Olimpiade Olahraga dan Seni Nasional (O2SN) SMA dengan perolehan 1 emas, dan lain – lain. Disekolah pun, Kahfi juga mengikuti bidang ekstrakurikuler Perisai Diri, namun karena terkadang bertabrakan dengan puslatda PON sehingga ia jarang untuk berlatih PD, namun ekstrakurikuler ini adalah salah satu tempat Kahfi untuk berlatih fisik.

Prestasi dari seorang Kahfi ini sangatlah luarbiasa. Tidak hanya menjadi kebanggaan Kota Yogyakarta, juga menjadi kebanggaan SMA Negeri 3 Padmanaba Yogyakarta. Semoga di kelas XII ini Kahfi juga dapat meraih kesuksesannya, sama dengan hal percaturan, dalam menempuh ujian dan berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi nantinya. Sukses selalu Muhammad Kahfi Maulana!

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *