Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik Lebaran

Tak terasa kita sudah berada diakhir bulan puasa Ramadhan, yang berarti semakin mendekati hari lebaran. Hari lebaran biasanya identik dengan berkumpul bersama keluarga besar. Bagi para pemudik, menjelang hari lebaran tiba, berbondong-bondong melakukan perjalanan mudik untuk bertemu keluarga.

 

Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik lebaran agar tetap aman dan nyaman, serta selamat sampai tujuan:

 

  1. Daftar barang bawaan

Buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa, beberapa hari sebelum berangkat. Tujuan membuat daftar barang bawaan adalah untuk meminimalisir kemungkinan lupa. Buatlah daftar dengan kategori barang penting, barang kurang penting, dan barang tidak penting.

 

  1. Persiapan kendaraan

Pastikan kendaraan apa yang akan digunakan. Apabila menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta atau pesawat, lebih baik jika memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan siap untuk perjalanan jauh. Lakukan servis beberapa hari sebelum mudik, sebagai tambahan bawalah suku cadang kendaraan dan peralatan tambahan seperti obeng dan dongkrak.

 

  1. Penginapan

Bagi pemudik yang akan menempuh perjalanan jauh, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dan menginap.

 

  1. Obat-obatan

Obat-obatan adalah hal penting yang harus dipersiapkan. Bawalah minyak kayu putih, plester, obat demam, dan obat anti mabuk untuk si kecil. Bila perlu, sediakan kantung untuk muntah.

 

  1. Makanan

Makanlah tepat waktu dan hindari makanan yang terlalu pedas maupun makanan yang terlalu asam agar terhindar dari gangguan pencernaan saat di perjalanan. Bawalah bekal makanan secukupnya dan bawa air putih secukupnya.

 

  1. Peta

Biasanya, ada peta yang dibuat khusus bagi para pemudik yang memuat informasi beragam seperti jalur-jalur alternatif, pom bensin, rumah makan, bengkel, posko lebaran, dan pos polisi.

 

  1. Kondisi tubuh

Pastikan tubuh dalam kondisi fit. Sebelum berangkat mudik, usahakan tidur nyenyak minimal selama 7 jam, agar terhindar dari rasa kantuk. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat.

 

Itulah tujuh hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik lebaran, dan yang tak kalah penting jangan lupa untuk selalu berdoa agar selamat sampai tujuan.

Penulis: Amalia Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *