FKGM 2016: Sarana Komunikasi Dua Arah

Forum Komunikasi Guru dan Murid atau biasa disingkat FKGM adalah salah satu program kerja MPK Padmanaba, dimana biasanya setiap kalia acara ini diadakan akan mengangkat satu tema besar yang menjadi satu hal yang kerap mendasari suatu masalah, kebingungan, keraguan maupun ketidakjelasan. Acara tahunan ini ditujukan untuk membangun komunikasi general antara guru dan murid di beberapa pokok permasalahan yang tak hanya menyerang satu atau dua orang saja, namun juga beberapa pihak sehingga masalah harus segera diselesaikan agar kegiatan belajar mengajar pun tak terganggu.

 

Tahun ini, MPK Padmanaba mengangkat tema Kurikulum 2013 menjadi temanya lantaran aplikasi baru yang terus bertahap dan berbedanya cara belajar dibandingkan sebelum-sebelumnya membuat beberapa masalah mulai muncul antara guru dan siswa. Acara yang sebelumnya sempat tertunda ini akhirnya terselenggara meski sempat harus berpindah akibat hujan. Pada 13 Februari lalu, aula menjadi tempat penyelenggaraan acara yang dimulai pukul 12 ini. Dibuka oleh perwakilan MPK, FKGM dilanjutkan dengan sambutan dan penjelasan lebih lengkap oleh ketiga Wakil Kepala Sekolah yaitu Pak Mario, Pak Agsa, dan pak Ichwan. Para guru pun telah berjajar di kursi yang telah disediakan, siap menimpali pertanyaan yang akan dilontarkan siswa yang duduk lesehan. Setelah penjelasan dasar dan berbagai macam aplikasi yang harus dilakukan dalam proses pengajaran dan pembelajaran, diskusi antar siswa dan guru pun dimulai.

Dari bahasan porsi guru mengajar dan kekatifan siswa, tentang mata pelajaran dan apa kaitannya dengan kebutuhan mata pelajaran tersebut di perkuliahan nanti hingga masalah-masalah lain yang tak kalah membingungkan kedua pihak jika komunikasi tidak dilakukan. Setelah beberapa pertanyaan dan perdebatan, waktu untuk FKGM pun habis. Memang, waktu yang tersedia demi FKGM hanay sedikit, namun beberapa hal telah membuat pemahaman di kedua belah pihak bahwa komunikasi adalah yang terpenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *