Cara Cara Menghadapi Musim Hujan

Dapat dilihat beberapa hari ini, hujan kerap kali melanda sejumlah wilayah di Yogyakarta bahkan dapat mengguyur seluruh daerah di Yogyakarta. Cuaca yang sedikit ekstrem ini dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Flu, batuk, diare, bahkan demam berdarah kerap menghantui dikala musim hujan melanda. Bahkan terlihat di beberapa rumah sakit keluhannya sama yaitu demam atau flu. Tentunya kita dapat mengatasi dan menghindari terkena berbagai macam penyakit dengan beberapa cara berikut ini.

Mengonsumsi vitamin

Cara ini adalah yang paling banyak digunakan yaitu mengonsumsi vitamin. Vitamin C dapat mengobati flu biasa, vitamin yang cukup dapat memperkuat tubuh agar tidak terserang penyakit. Musim pancaroba pun juga dalang dari datangnya berbagai macam penyakit. Sehingga tidak ada salahnya untuk mengonsumsi vitamin selama musim penghujan ini melanda.

Tetap jaga suhu tubuh agar hangat

Semakin dingin cuaca dan semakin dingin tubuh kita maka semakin mudah kita terserang penyakit. Pakailah jaket atau sweater agar dapat menjaga suhu tubuh untuk tetap hangat. Pilihlah jenis makanan dan minuman yang hangat dan  tidak aneh – aneh, seperti makanan pedas, berminyak, dan es. Selimuti tubuh saat malam hari jika dirasa suhu semakin dingin. Selain itu jaga pola tidur agar tubuh dapat beristirahat dan menjaga kondisi agar kekebalan tubuh tetap baik.

Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan juga merupakan aspek penting. Debu dan kotoran dapat menjadi sarang bagi virus dan bakteri untuk mendekam. Jaga kebersihan kamar seperti halnya sprei bantal, guling, dan kasur. Gunakanlah masker untuk mencegah agar tidak tertular virus dan bakter dari lingkungan sekitar.

Rajin minum air putih dan jaga pola makan

Penuhi cairan tubuh walau dalam keadaan dingin sekalipun. Karena dehidrasi dapat membuat datangnya beberapa penyakit sseperti radang tenggorokan. Pola makan pun wajib kita atur, setidaknya tiga kali sehari makan sehat dapat membantu kita untuk tetap terjaga kesehatannya.

Selalu siap sedia aksesoris musim hujan

Pepatah siapkan payung sebelum hujan mungkin sangat tepat untuk diterapkan saat ini. Payung, jas hujan, jaket, atau yang lain adalah aksesoris yang wajib dipunyai saat musim hujan melanda. Karena terkena air hujan juga dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Jika kehujanan sekalipun, segeralah untuk mandi menggunakan air hangat.

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *