“ Bunda, aku malas belajar! “

“Ayo nak belajar, biar kamu tu tambah pintar!” .”Malas bunda, masa dari pagi udah belajar di sekolah sekarang belajar lagi? Ntaran deh!”. Pasti kita sebagai Orang tua pernah mengalami hal seperti diatas, berdebat dengan si kecil hanya karena mengajaknya belajar sekedar mengulang materi yang sudah di berikan di sekolah. Tapi jangan kuatir ada tips gampang untuk mengajak si kecil mau belajar dan membuat suasanya belajar di rumah menjadi menyenangkan. Yuk! Simak tipsnya.

  1. APRESIASI

Sedikit apresiasi seperti memberinya pujian ketika si kecil mau belajar akan membuat si kecil menjadi merasa dihargai dan membuatnya lebih semangat dalam belajar.

  1. DAMPINGI KETIKA BELAJAR

Sesibuk apapun kita, luangkanlah sedikit waktu kita untuk mendampingi anak kita belajar, hal ini akan membuat sang anak merasa diperhatikan dan secara psikologis dapat memacu semangat sang anak untuk mau belajar.

  1. SABAR DAN TIDAK EMOSIONAL

Ciptakan suasana yang nyaman untuk belajar dengan mengajari sang anak dengan sabar dan tidak cepat emosi karena jika kita memarahinya justru akan membuat si kecil semakin malas belajar. Bayangkan saja sudah pelajarannya susah ditambahi dengan bentakan penuh amarah, pasti si kecil akan semakin kapok untuk belajar

  1. BERI SEMANGAT

Si kecil tentu butuh semangat untuk belajar. Beri semangat dengan berbagai contoh semisal “Ayah memiliki teman di desa, dan anaknya juga seumuran kamu, sekolahnya itu jauh, tapi dia tetap semangat sekolah, hayo yang sekolahnya jauh saja semangat, masa kamu tidak?”. Sebisa mungkin hindari kata “jaman ayah kecil dulu kalau tidak belajar bisa dimarahi guru, dimarahi kakek, dan sebagainya” tentu jaman kita dahulu sudah berbeda dengan jaman anak kita sekarang yang tidak mungkin disamakan. Jadi gunakan pemilihan kata yang tepat untuk menyemangati si kecil.

Itu tadi 3 tips mudah agar si kecil mau belajar di rumah. Masih banyak cara lagi agar si kecil betah di rumah dan tidak malas untuk belajar lagi di rumah. Selamat mencoba semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *