Asyiknya Berwisata Religi Bersama Keluarga

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial. Bulan ini adalah bulan yang sangat tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Akan kurang jika tidak meluangkan banyak waktu bersama keluarga tercinta dan menikmati bulan puasa bersama – sama. Banyak hal yang bisa dilakukan bersama keluarga tercinta misalnya berbuka bersama, mencari takjil bersama, ataupun bisa saja berwisata bersama – sama. Jika ingin berwisata tentunya saat bulan Ramadhan ini lebih baik berwisata religi mengunjungi masjid – masjid terkenal ataupun tempat – tempat bernuansa Islam. Nah, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata religi di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya Jawa:

  1. Kampung Ramadhan Kauman

Warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pasti sudah kerap kali mendengar daerah ini. Daerah ini merupakan sebuah nama kampung bernama Kauman yang pada saat Ramadhan tiba, nuansa keislamannya sangat kental. Istimewanya dari kampung ini adalah pada saat sore hari menjelang buka tiba, daerah ini akan dipenuhi oleh sentra takjil yang tentunya sangat ramai pengunjung.

 

  1. Masjid Istiqlal

Tentunya siapa yang belum pernah mendengar salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara ini? Salah satu masjid yang terkenal di ibukota Jakarta ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang terkenal di kalangan pengunjung. Banyak kegiatan keagamaan diselenggarakan oleh pihak masjid pada saat bulan Ramadhan tiba.

 

 

  1. Masjid Raya Bandung

Kemegahan masjid raya bandung yang sudah didirikan semenjak tahun 1801 dengan beberapa renovasi, menjadikan masjid ini destinasi wisata religi yang menarik. Masjid ini juga menjadi pusat kegiatan keagamaan di kota kembang tersebut.

 

  1. Masjid Agung Demak

Masjid ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang penting bagi umat islam. Masjid ini adalah salah satu pusat berkumpulnya para walisongo pada waktu silam. Selain itu, arsitektur yang masih orisinil menjadikan masjid ini destinasi wisata religi yang sangat mengesankan.

 

Nah, diatas adalah beberapa destinasi wisata religi di Indonesia khususnya di Jawa. Dengan keanekaragaman latar belakang sosial dan budaya dari objek wisata ini, menjadikan kita dapat mengingat kembali betapa luarbiasanya masa keislaman pada saat itu. Selain itu, destinasi wisata ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah keislaman pada masa silam dan juga menjadi tempat refreshing bagi anda dan sekeluarga.

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *